Kompas TV video vod

Putusan MK soal Perpanjangan Masa Jabatan Pimpinan KPK Jadi 5 Tahun Tuai Kritikan!

Kompas.tv - 27 Mei 2023, 21:52 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keputusan MK untuk memperpanjang masa jabatan Pimpinan KPK menjadi 5 tahun menuai kritikan.

Keputusan ini dinilai sarat konflik kepentingan politik.

Presiden Jokowi akan segera menandatangani keputusan Presiden atau Keppres terkait perpanjangan masa jabatan Pimpinan KPK.

Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej menyebut Keppres dibuat setelah Mahkamah Konstitusi mengabulkan uji materi perpanjangan masa jabatan Pimpinan KPK dari 4 tahun menjadi 5 tahun.

Putusan Mahkamah Konstitusi ini mengundang kritikan sejumlah kalangan.

Salah satunya anggota Komisi III Dpr Fraksi PPP, Arsul Sani yang mempertanyakan kewenangan Mahkamah Konstitusi memperpanjang masa jabatan Pimpinan KPK menjadi 5 tahun.

Arsul Sani menilai putusan perpanjangan masa jabatan Pimpinan KPK menimbulkan tafsir soal adanya unsur politis.

Senada dengan Komisi III DPR, mantan Pimpinan KPK Abraham Samad juga menilai jika putusan MK memperpanjang masa jabatan Pimpinan KPK sarat konflik kepentingan.

Putusan Mahkaman Konstitusi terkait masa jabatan Pimpinan KPK ini membuat masa jabatan Pimpinan KPK Firli Bahuri yang akan berakhir 20 Desember 2023,  diperpanjang 1 tahun ke depan hingga 20 Desember 2024.

Baca Juga: Bikin Geleng-Geleng Kepala, Jalan Rusak Lampung yang Diperbaiki Kilat Kini Rusak Lagi!

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.