Kompas TV internasional kompas dunia

Utusan Khusus: Cina Akan Ambil Langkah Konkret untuk Temukan Solusi Politik atas Krisis Ukraina

Kompas.tv - 27 Mei 2023, 22:00 WIB
utusan-khusus-cina-akan-ambil-langkah-konkret-untuk-temukan-solusi-politik-atas-krisis-ukraina
Utusan khusus China, Li Hui mengatakan China akan melakukan upaya konkret untuk menemukan solusi politik atas krisis Ukraina, demikian yang dikutip oleh Kementerian Luar Negeri Cina. (Sumber: Sputnik)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BEIJING, KOMPAS.TV - China akan melakukan upaya konkret untuk menemukan solusi politik atas krisis Ukraina, dikutip oleh Kementerian Luar Negeri Cina dari utusan khusus Li Hui pada hari Sabtu (27/5/2023), seperti dilaporkan oleh Bloomberg.

Beijing selalu berpegang pada posisi yang objektif dan adil terkait Ukraina serta mendorong perdamaian dan dialog, katanya kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Moskow.

Li Hui, Utusan khusus Cina untuk urusan Eurasia dan mantan duta besar Cina untuk Rusia, mengadakan pertemuan dan pembicaraan dengan Lavrov serta Wakil Menteri Luar Negeri Andrey Rudenko dan Mikhail Galuzin.

Kedua belah pihak bertukar pendapat mengenai hubungan Cina-Rusia dan penyelesaian politik untuk krisis Ukraina.

Mereka sepakat kunjungan Presiden Xi Jinping ke Rusia baru-baru ini telah lebih memperdalam rasa saling percaya bidang politik, demikian diungkapkan oleh Kementerian Luar Negeri Cina.

Li mengatakan Cina akan memperkuat pertukaran dan dialog dengan semua pihak, termasuk Rusia.

"Cina selalu mengikuti tujuan dan prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, yaitu berpegang pada posisi yang objektif dan adil, dan secara aktif... mempromosikan dialog, menentukan posisinya sendiri berdasarkan substansi masalah itu sendiri, dan selalu teguh berdiri di pihak perdamaian dan dialog," katanya seperti dikutip.

Baca Juga: China Beri Dukungan Penuh bagi Rusia, Terutama dalam Kepentingan Mendasar Rusia

Utusan khusus China Li Hui saat bertemu Menlu Ukraina Dmytro Kuleba hari Kamis (18/5/2023). Menlu Ukraina Dmytro Kuleba mengulangi posisi pemerintahnya, Ukraina tidak akan menerima proposal apa pun yang melibatkan kehilangan wilayahnya. (Sumber: AP Photo)

Kedua belah pihak sepakat untuk lebih memperkuat koordinasi strategis bilateral dan multilateral serta pertukaran dan kerja sama dalam berbagai bidang.



Sumber : Bloomberg / Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x