Kompas TV regional bali nusa tenggara

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi hingga 2,5 Meter di Nusa Dua Bali pada 28-29 Mei 2023

Kompas.tv - 27 Mei 2023, 15:55 WIB
bmkg-waspadai-gelombang-tinggi-hingga-2-5-meter-di-nusa-dua-bali-pada-28-29-mei-2023
Foto arsip. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar meminta nelayan dan wisatawan mewaspadai potensi gelombang tinggi di kawasan wisata Nusa Dua, Badung, Bali pada 28-29 Mei 2023. (Sumber: KOMPAS.com/ROSYID ASZHAR)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

DENPASAR, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar meminta nelayan dan wisatawan mewaspadai potensi gelombang tinggi di kawasan wisata Nusa Dua, Badung, Bali pada 28-29 Mei 2023.

“Nelayan dan pelaku wisata bahari waspadai potensi tinggi gelombang laut di Nusa Dua,” kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho dalam keterangannya di Denpasar, Sabtu (27/5/2023), dikutip dari Antara.

BMKG mencatat dalam rentang waktu tersebut, tinggi gelombang di Nusa Dua diprakirakan mencapai hingga 2,5 meter.

Sedangkan kecepatan angin diperkirakan mencapai 38 kilometer per jam atau 20 knot yang bergerak dari arah timur-tenggara.

BMKG juga memperkirakan ketinggian gelombang laut di Selat Badung bisa mencapai 2,5 meter. Adapun Kawasan Nusa Dua berbatasan langsung dengan Selat Badung di sebelah timur Bali.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini 27 Mei, BMKG: Waspada Hujan Disertai Petir Sore Nanti

Menurut BMKG, kondisi cuaca tersebut disebabkan oleh suhu muka laut di sekitar wilayah Bali yang berkisar 26-30 derajat Celcius dan masa udara basah terkonsentrasi di lapisan permukaan hingga lapisan 850 milibar atau 3.000 meter.

Sedangkan ketinggian gelombang laut di perairan Selatan Bali diperkirakan hingga mencapai tiga meter.

BMKG kemudian mengingatkan kondisi angin dan gelombang laut yang berisiko tinggi terhadap keselamatan berlayar yakni kepada perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Risiko tertinggi pada kapal tongkang terjadi apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Sedangkan pada kapal feri apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Di sisi lain, secara umum cuaca di Bali diperkirakan cerah berawan hingga berawan. 

Baca Juga: BMKG: Banjir, Hujan Lebat, dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x