Kompas TV video vod

MA Maksimalkan SDM dengan Profil Assessment Center Mahkamah Agung - MA NEWS

Kompas.tv - 27 Mei 2023, 12:47 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - Dalam rangka memaksimalkan potensi sumber daya manusia di lingkup peradilan seluruh Indonesia, Mahkamah Agung membentuk pusat penilaian kompetensi atau dikenal “Assessment Center Mahkamah Agung”.

Assessment Center Mahkamah Agung dibentuk berdasarkan surat keputusan Ketua Mahkamah Agung nomor 7 tahun 2020 tentang pembentukan unit penilaian kompetensi di Lembaga Mahkamah Agung.

Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama, Assessment Center Mahkamah Agung RI, Aco Nur, menjelaskan fungsi “Assessment Center Mahkamah Agung” adalah memetakan potensi dan melakukan seleksi sejumlah posisi kepegawaian di Mahkamah Agung dan lembaga peradilan di bawahnya.
Nur menambahkan pemetaan SDM yang dilakukan “Assessment Center Mahkamah Agung” memiliki data talenta seluruh aparatur SDM Mahkamah Agung secara komprehensif.

Nur mengungkapkan, pelibatan Assessment Center Mahkamah Agung dalam proses seleksi jabatan dapat menghemat anggaran, dibandingkan menggunakan panitia seleksi jabatan dari pihak luar Mahkamah Agung.

Nur Aco menjelaskan dalam proses seleksi jabatan, Assessment Center Mahkamah Agung selalu mengutamakan aspek moral dan integritas.

Selebihnya ada pula faktor pertimbangan lain seperti, kecerdasan emosional, karakter individu dan kinerja peserta seleksi.

Proses seleksi umumnya dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tes kepribadian, dilanjutkan diskusi kelompok, dan tahap wawancara mendalam.

Setelah itu hasil seleksi diinformasikan secara daring, melalui laman Assessment Center Mahkamah Agung, atau via aplikasi pesan singkat.

Sejak pertengah 2021 hingga pertengahan 2023, sudah sembilan proses pemetaan kompetensi jabatan struktural dan jabatan fungsional di sejumlah pengadilan di Indonesia.
Pada awal Februari 2023, Assessment Center menyeleksi pengisian jabatan Hakim Yustisial pada Badan Litbang serta Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung.

Lalu assesment yang baru saja dilakukan Mei 2023, yaitu proses Seleksi Panitera Pengganti Kamar Perdata dan Kamar Pidana Mahkamah Agung.

Assessment Center Mahkamah Agung berpusat di lantai 2 Gedung Sekretaris Mahkamah Agung, Jalan Ahmad Yani, Jakarta Timur.

Assessment Center memiliki beberapa ruang dan fasilitas modern yang kerap digunakan dalam proses seleksi aparatur Mahkamah Agung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x