Kompas TV internasional kompas dunia

Pintu Darurat Asiana Airlines Dibuka Penumpang Jelang Mendarat, Suasana Kabin Panik

Kompas.tv - 27 Mei 2023, 02:05 WIB
pintu-darurat-asiana-airlines-dibuka-penumpang-jelang-mendarat-suasana-kabin-panik
Seorang penumpang membuka pintu pesawat Asiana Airlines hari Jumat (26/5/2023) tepat sebelum mendarat di Bandara Internasional Daegu. Polisi menahan pria berusia 33 tahun yang membuka pintu darurat saat pesawat sedang terbang dengan dugaan melanggar UU keamanan penerbangan. (Sumber: CBS Austin)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

SEOUL, KOMPAS.TV - Seorang penumpang membuka pintu pesawat Asiana Airlines tepat sebelum mendarat di Bandara Internasional Daegu, membuat sejumlah penumpang kesulitan bernapas, namun pesawat berhasil mendarat dengan aman, demikian disampaikan oleh pejabat yang dilaporkan oleh Yonhap pada Jumat (26/5/2023).

Polisi menahan pria berusia 33 tahun yang membuka pintu darurat saat pesawat sedang terbang dengan dugaan melanggar UU keamanan penerbangan, menurut pernyataan Korea Selatan.

Identitas dan motif orang tersebut belum diumumkan.

Setelah berangkat dari Pulau Jeju, pesawat dalam perjalanan menuju Daegu, 237 kilometer di sebelah tenggara Seoul, ketika tiba-tiba pintu terbuka pada Pukul 12.45 siang, menurut pejabat bandara seperti laporan Associated Press, Jumat (26/5/2023). Pesawat tersebut kemudian mendarat dengan pintu yang terbuka.

Pejabat Korea Selatan menyebutkan, pesawat tersebut berada sekitar 250 meter di atas tanah ketika pintu terbuka.

Beberapa penumpang di pesawat Asiana Airlines Airbus A321 mencoba menghentikan orang tersebut, yang berhasil membuka pintu secara sebagian, demikian dijelaskan oleh Kementerian Transportasi.

Baca Juga: Yudas Jadi Sebutan Warga Korea Utara untuk Informan Pemerintah yang Khianati Orang Terdekatnya

Menurut laporan Hankook Kyungjae via Koreaboo, beberapa penumpang mengisahkan kejadian tersebut. Menurut seorang penumpang, sekitar 10 menit sebelum mendarat, terdengar suara ledakan keras.

"Sebelum mendarat sekitar 10 menit, pintu terbuka dengan suara ledakan. Karena perbedaan tekanan udara, debu keluar dari penyejuk udara dan kipas, yang menyebabkan kabut di dalam pesawat," ujar seorang penumpang seperti yang dilaporkan oleh Hankook Kyungjae pada Jumat (26/5/2023).

"Orang-orang di dekat pintu darurat tampak pingsan satu per satu. Awak pesawat kemudian meminta melalui interkom jika ada tenaga medis di pesawat, dan orang-orang berlarian, menciptakan suasana yang kacau," ujar penumpang lainnya. Beberapa penumpang juga mengungkapkan suasana ketika pintu pesawat terbuka.



Sumber : Associated Press / Hankook Kyungjae / Yonhap

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.