Kompas TV internasional kompas dunia

Festival Bakpao Hong Kong yang Dicintai Kembali Hadir Setelah Tiga Tahun Menghilang

Kompas.tv - 27 Mei 2023, 00:00 WIB
festival-bakpao-hong-kong-yang-dicintai-kembali-hadir-setelah-tiga-tahun-menghilang
Dentuman gong, tarian naga, dan anak-anak berpakaian karnaval berjalan di atas tiang-tiang hari hari Jumat (26/5/2023), menandai kembalinya Festival Bakpao ke pulau Cheung Chau di Hong Kong setelah tiga tahun vakum akibat pandemi Covid-19. (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

HONG KONG, KOMPAS.TV - Dentuman gong, tarian naga, dan anak-anak berpakaian karnaval berjalan di atas tiang-tiang pada hari Jumat (26/5/2023), menandai kembalinya Festival Bakpao ke pulau Cheung Chau di Hong Kong setelah tiga tahun vakum akibat pandemi Covid-19, seperti laporan France24, Jumat (26/5/2023).

Ribuan orang berbondong-bondong ke pulau ini yang hanya dapat dijangkau dengan feri, di mana parade "Piu Sik" menjadi pembuka bagi hari penutupan festival, ketika semua acara utama diadakan.

Perayaan ini akan mencapai puncaknya dengan para pendaki memanjat menara bambu setinggi 14 meter yang dilapisi dengan replika bakpao kukus.

"Pada hari-hari seperti ini, Cheung Chau terasa seperti pusat dunia," kata penduduk pulau Mabel Leung seperti dikutip oleh France24, Jumat (26/5/2023).

"Kami telah melewati tahun-tahun yang sulit... (tapi) saya tidak pernah meragukan orang-orang akan kembali," kata perempuan berusia 58 tahun itu.

Sebagai salah satu tradisi budaya paling populer di Hong Kong, festival selama lima hari ini telah ada sejak abad ke-19 ketika, menurut legenda, penduduk nelayan Cheung Chau mengusir bajak laut dan wabah dengan mengarak patung dewa laut Taois Pak Tai.

Baca Juga: Meriahnya Festival Monyet di Lopburi Thailand, Populasinya Meningkat dari 300 Jadi 4.000 Ekor

Dentuman gong, tarian naga, dan anak-anak berpakaian karnaval berjalan di atas tiang-tiang hari Jumat (26/5/2023), menandai kembalinya Festival Bakpao ke pulau Cheung Chau di Hong Kong setelah tiga tahun vakum akibat pandemi Covid-19. (Sumber: The Star)

Jeda perayaan selama pandemi ini adalah gangguan pertama dalam lebih dari satu abad terakhir. Sebelumnya, festival bakpao selalu digelar.

Meskipun suhu mencapai 30 derajat Celsius yang menyengat, kerumunan orang berkumpul di lorong-lorong berliku Cheung Chau hari Jumat untuk memberikan semangat kepada anak-anak yang menjadi maskot tidak resmi dalam parade.



Sumber : France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x