Kompas TV nasional humaniora

Kemenkes: Masyarakat Bisa Gunakan Jenis Vaksin Covid-19 Apa Saja untuk Lengkapi Dosis

Kompas.tv - 26 Mei 2023, 20:52 WIB
kemenkes-masyarakat-bisa-gunakan-jenis-vaksin-covid-19-apa-saja-untuk-lengkapi-dosis
Pelayanan vaksinasi COVID-19 di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin. (Sumber: Kompas TV/ANT/Firman)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menganjurkan masyarakat segera melengkapi dosis vaksinasi Covid-19. 

Juru Bicara (Jubir) Kemenkes Mohammad Syahril menegaskan untuk melengkapi dosis primer dan booster, masyarakat bisa menggunakan vaksin jenis apa pun yang tersedia. 

"Intinya dosis 1, 2, 3, 4  bisa pakai vaksin apa pun. Kalau booster tetap 6 bulan jaraknya," ujar Syahril melalui rilis resmi yang diterima oleh KompasTV, Jumat (26/5/2023).

"Penggunaan berbagai jenis vaksin yang tersedia ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat melengkapi dosis vaksin Covid-19," lanjutnya.

Berdasarkan laporan hasil uji klinis dari berbagai platform vaksin Covid-19, secara umum titer antibodi (kekebalan/imunitas) individu setelah enam bulan dari imunisasi yang kedua akan menurun. 

Baca Juga: Mau Nonton Konser Coldplay? Kemenkes: Vaksin Booster Dulu Mumpung Masih Gratis

Sehingga perlu diberikan penguat atau booster untuk meningkatkan titer antibodi guna proteksi jangka panjang.  

Dikatakan Syahril, pada prinsipnya vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia pada saat ini dan dapat diberikan menggunakan platform vaksin Covid-19 yang telah mendapat EUA atau NIE dari Badan POM.

“Untuk itu bagi masyarakat yang belum melengkapi dosis primer dan dosis lanjutan atau booster maka dapat diberikan vaksinasi Covid-19 dengan menggunakan vaksin yang tersedia,” ucap Syahril. 

Adapun pemberian vaksin lengkap dan booster kedua bisa didapatkan masyarakat di fasilitas pelayanan kesehatan maupun pos pelayanan vaksinasi terdekat di kota masing-masing. 

Baca Juga: WHO Beri Rekomendasi, Vaksinasi Covid-19 Baru Hanya Menargetkan Varian XBB 1.5 atau XBB 1.6


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x