Kompas TV regional berita daerah

Lestarikan Warisan Budaya, DP Bangun 2 Kapal Pinisi

Kompas.tv - 27 Mei 2023, 00:00 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Melestarikan warisan budaya bugis Makassar, wali kota Makassar, mohammad ramdhan pomanto, akan membangun dua kapal phinisi di kawasan center point of indonesia.

Pemerintah kota Makassar membangun dua kapal phinisi dengan mendatangkan pembuat kapal dari kabupaten Bulukumba. Pembuatan dua kapal phinisi di kawasan centre point of indonesia merupakan  komitmen danny pomanto untuk menjaga warisan dan nilai budaya. Perahu phinisi dipilih karena merupakan ikon Sulawesi Selatan yang berkelas dunia, dan akan melengkapi seluruh tahapan pendirian menjadi tulisan sejarah kebudayaan.

Pemkot Makassar juga akan memamerkan perahu tradisional suku bugis Makassar itu pada perhelatang multilateral naval exercise komodo 2023 pada 5 - 8 juni. Sebagai warisan budaya, masyarakat juga dapat melihat proses pembuatan kapal pinisi di kawasan CPI.

Dua kapal phinisi rencana akan dibangun dan ditempatkan di sungai Tallo dan Jeneberang  di tahun depan. Selain tempat wisata, kapal ini juga diperuntukan sebagai sarana belajar dan atraksi budaya, di kota Makassar. Kehadiran 4 kapal tradisional ini, nantinya akan menempatkan kota Makassar sebagai pemerintah daerah pertama di indonesia yang memiliki ikon sejarah dunia.


#kapalphinisi
#CPI
#dannypomanto



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x