Kompas TV nasional peristiwa

Mahfud MD Umumkan Hasil Seleksi Dirut BAKTI Kominfo: Tidak Ada yang Lulus

Kompas.tv - 26 Mei 2023, 15:12 WIB
mahfud-md-umumkan-hasil-seleksi-dirut-bakti-kominfo-tidak-ada-yang-lulus
Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mahfud MD berbicara di Media Center Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2023). (Sumber: Antara/M. Risyal Hidayat)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan hasil seleksi terbuka Direktur Utama (Dirut) Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo.

Berdasarkan hasil asesmen, Kemenkominfo menyatakan tidak satu pun pendaftar yang lolos hingga tahap wawancara.

“Tidak ada yang lulus untuk diwawancarai oleh menteri kemudian dipilih satu, tetapi belum sampai ke situ sudah dinyatakan tidak ada yang lulus, dan tadi sudah diumumkan oleh kesekjenan, rekrutmen Direktur Utama PT BAKTI dinyatakan tidak ada yang lulus,” urai Plt Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mahfud MD dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Mahfud menjelaskan, proses asesmen rekrutmen tersebut melibatkan lembaga eksternal, yakni Universitas Indonesia.

“Tadi sudah diumumkan bahwa kita sudah mengadakan seleksi calon direktur utama melalui satu lembaga asesmen center dari Universitas Indonesia, dan sudah lewat separuh perjalanan,” tuturnya.

Baca Juga: Dugaan Aliran Dana Proyek BTS 4G Kemenkominfo ke Parpol, Gerindra: Hanya Gosip Politik

Sementara Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkominfo Hary Budiarto menambahkan, seleksi terbuka untuk posisi Dirut BAKTI telah dilaksanakan sejak 11 April 2023.

Seleksi terbuka ini dimulai dari kegiatan pengumuman, penerimaan berkas para peserta secara online, kemudian dilanjutkan dengan seleksi administrasi untuk persyaratan peserta.

“Dilanjutkan juga penulisan makalah dan tes asesmen untuk profil perilaku dan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta,” jelas Hary.

“Pada tahap awal seleksi, pansel menerima 23 pendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Dirut BAKTI. Dari hasil seleksi administrasi, diterima 15 peserta yang mengirimkan berkas secara lengkap,” tuturnya.

Dari 15 pendaftar yang dinyatakan lulus berkas tersebut, 12 pendaftar di antaranya lolos ke seleksi penulisan makalah dan mengikuti tahap asesmen.

Pada hari ini, 26 Mei 2023, sesuai dengan jadwal kegiatan seleksi, diumumkan hasil tahapan asesmen terhadap profil perilaku, kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, dan kompetensi tambahan sesuai dengan kebutuhan Dirut BAKTI.

Baca Juga: Kasus Korupsi BTS Kominfo, Kejagung Tetapkan 1 Tersangka Baru

“Berdasarkan hasil penilaian tahap asesmen pada pengisian jabatan Direktur Utama BAKTI, maka panitia seleksi memutuskan bahwa 12 peserta yang mengikuti tahapan seleksi asesmen ini tidak ada yang memenuhi kompetensi yang telah ditentukan,” urainya.

Dengan demikian, lanjut Hary, seluruh peserta yang mengikuti seleksi tahapan asesmen ini dinyatakan tidak lulus.

“Sehubungan dengan hal tersebut, panitia seleksi akan melakukan seleksi terbuka yang akan diulang lagi, yang waktunya akan ditentukan kemudian.”


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x