Kompas TV nasional rumah pemilu

Sandiaga Uno Masuk Radar Bakal Cawapres PDI-P: Kita Harus Siapkan Diri

Kompas.tv - 26 Mei 2023, 08:34 WIB
sandiaga-uno-masuk-radar-bakal-cawapres-pdi-p-kita-harus-siapkan-diri
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berbicara kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (27/4/2023). Ia masuk dalam radar bakal cawapres dari PDI-P. (Sumber: Tangkapan layar tayangan Breaking News KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku akan mempersiapkan diri bila suatu hari nanti ada partai politik (parpol) yang melamar dirinya menjadi bakal cawapres di Pilpres 2024 mendatang. 

Menurut dia, keputusan pencalonan dirinya untuk menjadi bakal cawapres merupakan murni hak dari masing-masing ketua umum parpol. 

"Keputusan pencalonan adalah haknya pimpinan partai. Dan kita harus menyiapkan diri dan mendegarkan masukan ulama, kiyai dan itu yang saya pedomani," kata Sandiaga kepada wartawan, Kamis (25/5/2023). 

Ia menyatakan, dirinya merasa terhormat bila nantinya dilirik oleh parpol menjadi bagian yang ikut meramaikan pesta demokrasi. 

Baca Juga: Gus Yahya: Bakal Cawapres NU Bukan Urusan Kami

"Kontestasi demokrasi yang semakin masuk tahap berikutnay tentu harus kita sambut dengan kebersamaan dan persatuan. Jika ada pelung untuk membangun bangsa dalam bingaki percepatan pembangunan ini suatu kehormatan," ungkapnya, seperti dilaporkan tim jurnalis KompasTV.

Selain itu, kata dia, dirinya juga sudah melakukan komunikasi dengan Plt Ketua Umum PPP Mardiono ihwal langkah politik ke depannya. Namun, ia tak menjelaskan lebih rinci terkait perbincangannya tersebut.


 

"Saya sudah bertemu Pak Mardiono dan sudah menyatakan beberapa masukan dan saya sampaiakn juga wejangan dari kiayi, karena habis roadshow di pesantren di Magelang Jawa Timur dan kita sepakat untuk melanjutkan pembicaraan," papar dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menyatakan, Sandiaga Uno dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar masuk dalam 10 nama kandidat cawapres yang tengah dipertimbangkan untuk mendampingi Ganjar. 

Di sisi lain, PPP mengaku mengusulkan mantan kader Partai Gerindra itu untuk bisa bersanding dengan Ganjar dalam kontestasi elektoral mendatang. 

Baca Juga: Survei Cawapres Litbang Kompas: Ini Elektabilitas Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Erick Thohir, AHY

Adapun PPP dan PDI-P tengah menjajaki kerja sama meskipun belum resmi membentuk koalisi. Saat ini, Ganjar baru diusung oleh kedua parpol tersebut di parlemen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x