Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Perkenalkan Rudal Balistik Terbaru di Tengah Ketegangan dengan Barat soal Nuklir

Kompas.tv - 26 Mei 2023, 06:00 WIB
iran-perkenalkan-rudal-balistik-terbaru-di-tengah-ketegangan-dengan-barat-soal-nuklir
Iran pada Kamis (25/5/2023) mengungkapkan iterasi terbaru rudal balistik berbahan bakar cairnya yang bernama Khorramshahr-4, punya jangkauan 2.000 km dengan hulu ledak berat 1,5 ton. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

TEHERAN, KOMPAS.TV - Iran pada Kamis (25/5/2023) mengungkapkan iterasi terbaru rudal balistik berbahan bakar cairnya yang bernama Khorramshahr-4 di tengah ketegangan yang lebih luas dengan Barat terkait program nuklirnya.

Pihak berwenang Iran, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Kamis (25/5/2023), memperlihatkan Khorramshahr-4 kepada para jurnalis dalam acara di Tehran, dengan rudal tersebut dipasang di peluncur yang dipasang di truk.

Menteri Pertahanan Jenderal Mohammad Reza Ashtiani mengatakan rudal tersebut dapat siap diluncurkan dalam waktu singkat.

"Salah satu karakteristik menonjol dari rudal ini adalah kemampuannya untuk menghindari deteksi radar dan menembus sistem pertahanan udara musuh, berkat jejak radar yang rendah," kata sang jenderal kepada para jurnalis.

"Rudal ini punya kemampuan untuk membawa berbagai hulu ledak untuk misi yang berbeda," tambahnya.

Para pejabat Iran menggambarkan rudal Khorramshahr-4 ini punya jangkauan 2.000 km dengan hulu ledak berat 1,5 ton. Mereka juga merilis rekaman video yang tidak bertanggal yang diduga menunjukkan peluncuran rudal yang sukses.

Rudal Khorramshahr punya muatan terberat di antara rudal balistik Iran, yang menurut analis mungkin dirancang untuk menjaga senjata ini dalam batas jangkauan 2.000 kilometer yang diberlakukan oleh pemimpin tertinggi negara tersebut.

Hal ini membuat sebagian besar Timur Tengah berada dalam jangkauan serangan, tetapi jangkauannya tidak mencapai Eropa Barat.

Baca Juga: Bunker Nuklir Iran Disebut Terlalu Dalam untuk Ditembus Bom Termutakhir AS, Washington Ketar-ketir

Iran pada Kamis (25/5/2023) mengungkapkan iterasi terbaru rudal balistik berbahan bakar cairnya yang bernama Khorramshahr-4, punya jangkauan 2.000 km dengan hulu ledak berat 1,5 ton. (Sumber: AP Photo)

Khorramshahr-4 dinamai dari sebuah kota di Iran yang menjadi arena pertempuran sengit selama Perang Iran-Irak pada tahun 1980-an.

Irak merebut kota tersebut di provinsi Khuzestan yang kaya akan minyak pada awal perang, tetapi Iran merebutnya kembali lebih dari setahun kemudian.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.