Kompas TV internasional kompas dunia

Eks Deputi Direktur IMF: China Akan Melampaui AS sebagai Ekonomi Terbesar Dunia Tahun 2035

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 22:00 WIB
eks-deputi-direktur-imf-china-akan-melampaui-as-sebagai-ekonomi-terbesar-dunia-tahun-2035
China diperkirakan akan melampaui Amerika Serikat tahun 2035 untuk menjadi ekonomi terbesar di dunia berdasarkan pertumbuhan saat ini, kata ekonom China terkemuka Zhu Min, mantan wakil kepala Dana Moneter Internasional IMF seperti laporan Straits Times, Kamis, (25/5/2023). (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

TOKYO, KOMPAS.TV - China diperkirakan akan melampaui Amerika Serikat tahun 2035 untuk menjadi ekonomi terbesar di dunia berdasarkan pertumbuhan saat ini.

Perkiraan itu dikatakan ekonom China terkemuka Zhu Min, mantan wakil kepala Dana Moneter Internasional (IMF), seperti laporan Straits Times, Kamis (25/5/2023).

Namun, tambahnya, daripada terpaku pada angka atau jangka waktu, yang lebih penting adalah kualitas pertumbuhan ekonomi China di masa depan, untuk memberikan manfaat lebih banyak bagi masyarakat China biasa.

Dan cara untuk melakukannya, katanya, adalah dengan mendorong model pertumbuhan baru China.

Model ini didorong oleh belanja domestik daripada ekspor, manufaktur bernilai tambah melalui adopsi teknologi digital, dan menjadi ramah lingkungan sehingga dapat mencapai netralitas karbon.

Pemaparan Dr Zhu menjawab pertanyaan tentang kapan ekonomi China dapat melampaui AS dalam sebuah pertemuan di KTT Masa Depan Asia, yang diselenggarakan oleh media Jepang Nikkei di Tokyo, Kamis (25/5/2023).

Lebih lanjut Dr Zhu melakukan beberapa perhitungan sederhana mengenai perkiraannya: Berdasarkan asumsi bahwa ekonomi Amerika tumbuh sebesar 2 hingga 2,5 persen per tahun, dan China sebesar 4 hingga 4,5 persen, tonggak sejarah tersebut bisa terjadi dalam 12 tahun.

Prediksinya sedikit tertinggal dibandingkan dengan perkiraan lain, yang berkisar antara 2030 hingga 2033. Tetapi beberapa proyeksi ini juga telah diperpanjang, terutama akibat pandemi Covid-19 dan lockdown di China.

Namun kata Dr Zhu, yang sekarang menjabat sebagai wakil ketua pusat pemikiran di Beijing, China Centre for International Economic Exchanges, "Jangan terlalu memerhatikan PDB agregat."

Baca Juga: China Beri Dukungan Penuh bagi Rusia, Terutama dalam Kepentingan Mendasar Rusia

Ilustrasi pelabuhan kontainer. China diperkirakan akan melampaui Amerika Serikat tahun 2035 untuk menjadi ekonomi terbesar di dunia berdasarkan pertumbuhan saat ini, kata ekonom China terkemuka Zhu Min, mantan wakil kepala Dana Moneter Internasional (IMF) seperti laporan Straits Times, Kamis (25/5/2023). (Sumber: pelindo.co.id)


Sumber : Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.