Kompas TV olahraga sepak bola

Alasan PSSI Mendatangkan Argentina: Melatih Mental Timnas Indonesia dan Hiburan untuk Masyarakat

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 21:22 WIB
alasan-pssi-mendatangkan-argentina-melatih-mental-timnas-indonesia-dan-hiburan-untuk-masyarakat
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi, mengangkat trofi Piala Dunia setelah memenangi laga final antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail, Qatar, Minggu, 18 Desember 2022. (Sumber: AP Photo/Martin Meissner)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali memberikan penjelasannya alasan mendatangkan Argentina untuk berhadapan dengan Timnas Indonesia di FIFA Matchday.

Amali mengatakan, kedatangan juara Piala Dunia 2022 itu untuk menjaga momentum kebangkitan sepak bola Indonesia setelah keberhasilan meraih emas SEA Games 2023.

Dengan melawan tim sekelas Argentina yang diperkuat Lionel Messi, Lautaro Martinez hingga Paulo Dybala, diharapkan Timnas Indonesia mempunyai mental yang kuat karena berhadapan dengan kesebelasan nomor satu di dunia.

Selain itu, kedatangan Argentina ke Jakarta juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Indonesia yang sangat mencintai sepak bola.

"Karena sekarang Argentina adalah tim yang berada di peringkat paling atas nomor satu. Tentu kita ingin punya lawan yang di atas kita," kata Amali dalam program Sapa Indonesia Malam, Kamis (25/5/2023).

"Tidak masalah (menghadapi tim yang peringkat sangat jauh dari Indonesia) karena anak-anak kita harus dibiasakan melawan tim-tim yang lebih baik, yang lebih berada di atas."

"Secara mental mereka akan terlatih untuk berhadapan dengan tim yang di atas. Sebab mendapatkan atmosfer dengan pertandingan melawan tim yang kualitasnya lebih di atas itu tidak mudah."

"Sekarang sudah didatangkan oleh Ketua Umum PSS, Pak Erick Thohir, Argentina sekaligus memberikan hiburan kepada masyarakat Indonesia yang sudah sangat menantikan kehadiran Lionel Messi dan pemain-pemain lainnya," tutur mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Argentina, Pengamat: Jangan Sampai Pemain Datang Cuma Ingin Foto Bareng

Terkait apakah Messi bakal datang untuk menghadapi Indonesia, Amali berharap akan hal itu.

Tak hanya pemain Paris Saint-Germain tersebut, Amali juga mempunyai harapan Argentina datang dengan skuad terbaiknya seperti Lautaro Martinez, Paulo Dybala, Julian Alvarez hingga Angel Di Maria.

"Kita berharap begitu ya (Messi datang). Kita berharap ada Martinez, Dybala, Alvarez, Di Maria serta yang lain-lain itu bisa datang," ujarnya.

"Sehingga yang menonton itu, publik itu terpuaskan dengan kehadiran-kehadiran mereka. Dan ini sekaligus momentum kebangkitan sepak bola yang sudah kita torehkan di SEA Games," ucap Amali.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni dua laga uji coba pada FIFA Matchday bulan Juni 2023.

Tim asuhan Shin Tae-yong bakal ditantang Palestina pada tanggal 14 Juni 2023. Duel Indonesia vs Palestina itu bakal dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Setelah itu, skuad Garuda akan ke Jakarta untuk bersiap menjamu Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Laga Indonesia vs Argentina akan digelar pada 19 Juni 2023.

Argentina datang ke Jakarta dalam rangka tur Asia mereka di tahun ini. Selain ke Indonesia, pasukan Lionel Scaloni itu juga mampir ke Beijing, China, untuk melawan Australia pada 15 Juni.

Baca Juga: Lionel Messi Ikut saat Timnas Indonesia vs Argentina? Ini Jawaban Erick Thohir


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x