Kompas TV religi agama

Suhu di Saudi Tembus 40 Derajat Celsius, Jemaah Calon Haji Diimbau Hindari Aktivitas Luar Ruangan

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 17:52 WIB
suhu-di-saudi-tembus-40-derajat-celsius-jemaah-calon-haji-diimbau-hindari-aktivitas-luar-ruangan
Ilustrasi jemaah haji. Kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini sangat terik jika dibandingkan dengan di Indonesia, bahkan di Madinah suhu mencapai 40 derajat Celsius.  (Sumber: AP Photo/Amr Nabil)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini sangat terik jika dibandingkan dengan di Indonesia. Bahkan di Madinah, suhu dilaporkan mencapai 40 derajat Celsius!

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI Liliek Marhaendro Susilo saat konferensi pers Media Center Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat di kompleks Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Berkaitan dengan kondisi cuaca tersebut, ia mengimbau para jemaah calon haji yang berusia lanjut usia (lansia) untuk menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya.

"Para jemaah, khususnya para lansia untuk tetap menjaga kesehatan dan menghindari aktivitas di luar ruang."

"Mengingat saat ini, kondisi cuaca di Madinah sedang dalam kondisi terik panas dengan suhu mencapai 40 derajat Celsius," ujarnya, dikutip dari keterangan tertulis Kemenag.

Baca Juga: Embarkasi Medan Cermati Pendamping Haji

Ia pun mengimbau agar jemaah menghemat tenaga, agar mereka dapat menunaikan rangkaian haji yang utama seperti wukuf di Arafah nanti.

Biasanya, banyak jemaah Indonesia yang melaksanakan salat berjemaah sebanyak 40 waktu atau arbain di Madinah.

Namun, mengingat kondisi cuaca yang sangat terik, Liliek mengimbau agar arbain tidak perlu dilakukan jika merepotkan atau bahkan membahayakan jiwa, terutama bagi lansia.

"Jemaah juga bisa menunaikan salat di pemondokan, untuk menghindari kelelahan," katanya.

Baca Juga: Pembayaran Biaya Haji Calon Jemaah Haji Balikpapan Lunas!

Hingga Kamis (25/5/2023) pukul 09.31 WIB, jemaah calon haji yang sudah terbang ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta berjumlah 8.446 orang. Mereka tergabung dalam 22 kelompok terbang (kloter).

Adapun jemaah yang sudah tiba di Kota Madinah berjumlah 6.206 orang dalam 16 kloter. Data tersebut khusus jemaah haji, di luar petugas kloter.


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x