Kompas TV ekonomi energi

Resmi, Beli Solar Subsidi di DKI Jakarta, Bogor, dan Depok Wajib Pakai QR Code!

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 14:24 WIB
resmi-beli-solar-subsidi-di-dki-jakarta-bogor-dan-depok-wajib-pakai-qr-code
Foto arsip. Petugas melayani warga yang melakukan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi menggunakan Quick Response (QR) Code di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Dalam revisi Perpres 191/20214, pemerintah akan melarang sejumlah jenis kendaraan untuk memakai Pertalite dan Solar Subsidi. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memperluas implementasi skema full registran untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) solar subsidi di DKI Jakarta, Kota dan Kabupaten Bogor, serta Kota Depok mulai hari ini, Kamis (25/5/2023).

Ini merupakan langkah berikutnya usai penerapan skema yang sama di Provinsi Banten dan sebagian besar wilayah Provinsi Jawa Barat lainnya.

Pjs Area Manager Comm, Rel, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Joevan Yudha Achmad mengungkapkan, dengan skema full registran, kendaraan konsumen yang sudah terdaftar dapat membeli BBM solar tanpa harus membawa QR code.

Namun, konsumen yang belum terdaftar, tidak akan dilayani.

Baca Juga: Ini 4 Wilayah Uji Coba Pembatasan Pembelian Pertalite Lewat QR Code MyPertamina

"Untuk skema full QR. Konsumen wajib menunjukkan scan QR code ketika melakukan transaksi pembelian BBM bersubsidi," terang Joevan, Kamis, dikutip dari Antara.

Di seluruh Provinsi Banten dan sebagian besar Provinsi Jawa Barat, kecuali Kabupaten dan Kota Bogor serta Kota Depok, skema full QR sudah mulai diberlakukan.

Sedangkan untuk Kabupaten Kepulauan Seribu, skema full registran baru akan dilaksanakan pada 8 Juni 2023.

"Setelah pelaksanaan implementasi skema full registran yang dimulai 25 Mei 2023 ini di wilayah Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor serta seluruh kota di Provinsi DKI Jakarta kecuali Kabupaten Kepulauan Seribu, pemberlakuan skema full QR di wilayah tersebut dilaksanakan paling lambat dua minggu setelah skema full registran," tambah Joevan.

Baca Juga: Beli Solar Pakai Barcode MyPertamina Mulai Diterapkan, Perhatikan Batas Kuotanya Hariannya!

Dia menegaskan, pihaknya mengharapkan kerja sama dari masyarakat untuk mendukung upaya Pertamina menyalurkan BBM subsidi yang tepat sasaran dan tepat volume.

Dalam delapan hari terakhir (16-23 Mei 2023), transaksi pembelian solar subsidi sudah mencapai 93,5 persen atau 1.471.267 transaksi.

Masyarakat bisa mendaftar melalui website subsiditepat.mypertamina.id, aplikasi MyPertamina, atau datang langsung ke SPBU.


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x