Kompas TV nasional rumah pemilu

Kemampuan Ganjar Tarik Pendukung Capres Lain Masih Lemah, PDIP Sebut Wajar Baru 33 Hari Deklarasi

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 08:10 WIB
kemampuan-ganjar-tarik-pendukung-capres-lain-masih-lemah-pdip-sebut-wajar-baru-33-hari-deklarasi
Ganjar Pranowo di Geora Bung Karno, Minggu (30/4/2023), mengajak para pendukungnya untuk mengalirkan energi yang ada kepada kerabat dan tetangga jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kemampuan bakal Capres Ganjar Pranowo untuk menarik pendukung dari kandidat capres lain masih kalah dari Anies Baswdan dan Prabowo Subianto. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan dari simulasi banyak nama kandidat capres, nama Ganjar masih unggul dibanding nama Prabowo dan Anies. 

Namun setelah dikerucutkan kemampuan Ganjar untuk menarik dukungan dari pendukung kandidat capres lain sangat lemah. 

Berbeda dengan Prabowo dan Anies. Dalam simulasi banyak nama Anies maupun Prabowo bisa mengambil dukungan dari pendukung kandidat capres lain.

Baca Juga: Membaca Elektabilitas Anies, Ganjar, Prabowo di Survei Litbang Kompas

Burhanuddin memberi contoh saat survei April 2023 dari 19 nama kandidat capres, Anies hanya mendapat 19 persen. Ketika disimulasikan tiga nama Anies meloncat menjadi 22 persen. 

Prabowo di simulasi 19 nama kandidat capres mendapat 25 persen. Ketika dikerucutkan menjadi tiga nama, pemilih Prabowo naik jadi 34,8 persen. 

"Mas Ganjar naik juga dari 29 persen di simulasi 19 nama ke 34 persen di simulasi tiga nama, tapi hanya nambah 5 persen," ujar Burhanuddin di program Satu Meja The Forum KOMPAS TV, Rabu (21/5/2023).

Burhanuddin fenomena yang didapat dalam survei Indikator Politik Indonesia ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi tim pemenangan Ganjar Pranowo. 

Baca Juga: 14,5 Persen Responden Survei Litbang Kompas Pilih Ganjar sebagai Wakil Prabowo

Sebab dalam simulasi head to head Prabowo selalu unggul dari Ganjar ataupun Anies. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x