Kompas TV TALKSHOW ayo sehat

Harga Gula Makin Meroket Sejak 2021, Ini Dampak Bagi UMKM? | BTALK

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 01:12 WIB
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Sejak tahun 2021, harga gula di pasar global mengalami kenaikan harga. Hal ini tentu saja berdampak pula pada kenaikan harga gula di Indonesia.

Kenaikan harga gula dipicu beberapa faktor, salah satunya akibat potensi penurunan produksi gula India yang disebabkan pengaruh iklim dan meningkatnya produksi etanol. Kondisi ini memicu dugaan, China akan memasok lebih banyak gula ke negara itu.

Baca Juga: [FULL] Harga Gula Sudah Tak Lagi Manis | BTALK

Pengurangan area tanam di Thailand juga berimbas pada pengurangan hasil produksi gula rafinasi. Sementara produksi gula di Eropa juga terhambat lantaran masuknya musim panas, dan produksi gula Brazil terhambat pasokannya.

Indonesia memang masih bergantung pada impor gula yang pada 2022 lalu mencapai angka 6,01 juta ton atau setara dengan US$ 3 Miliar. Kenaikan harga gula yang semakin mahal tentu lambat laun akan berimbas pada kenaikan harga penjualan produk makanan dan minuman.

Bagaimana pemerintah mengantisipasi adanya kenaikan harga gula di pasar global dan mencegah kenaikan harga di pasar domestik?

Baca Juga: Apa Efek Konser Coldplay Bagi Roda Ekonomi? Ini Penjelasan Promotor | BTALK

Saksikan program talkshow B-Talk bersama Jurnalis KompasTV Mysister Tarigan dalam episode : HARGA GULA SUDAH TAK LAGI MANIS yang akan tayang pada Selasa, 23 Mei 2023 pukul 22.00 WIB di KompasTV.

 

 

#gula #hargagula #petani #hargagulanaik #hpp #solusipemerintah 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x