Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Begini Cara Mengecek NIK yang Berhak Menerima Subsidi Motor Listrik

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 15:29 WIB
begini-cara-mengecek-nik-yang-berhak-menerima-subsidi-motor-listrik
Motor listrik Selis. Sebanyak 7 perusahaan dan 14 model motor listrik saat ini resmi mendapatkan bantuan atau insentif pembelian kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) roda dua (11/5/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah RI telah memberikan subsidi atau bantuan untuk pembelian sepeda motor listrik berbasis baterai tertentu, senilai Rp 7 juta per unit.

Subsidi tersebut diberikan untuk golongan atau kelompok masyarakat tertentu, yang dinilai tidak mampu, dengan kata lain tidak semua golongan dapat menerima subsidi ini.

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk menerima subsidi motor listrik tersebut, yang penyaringannya dilakukan melalui suatu aplikasi.

Sebelum membeli motor listrik bersubsidi, masyarakat dapat mengecek jenis motor listirk yang memperoleh subsidi melalui aplikasi PLN Mobile.

Sebagai upaya mempermudah masyarakat, PT PLN (Persero) berkerja sama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) dan beberapa manufaktur motor listrik meningkatkan layanan pada aplikasi PLN Mobile.

Baca Juga: Motor Listrik Bersubsidi Kurang Disambut Pembeli, Ini Sederet Penyebabnya

"PLN Mobile berperan sebagai fasilitator produsen motor listrik untuk dapat memasarkan produknya dan juga sebagai one stop solution bagi pelanggan yang ingin melakukan pembelian motor listrik,” ujar Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo dalam keterangannya, Rabu (24/5/2023), dikutip Kompas.com.

Selanjutnya, calon pembeli motor listrik bersubsidi tersebut dapat mendatangi atau menghubungi diler motor listrik itu.

Nantinya pihak diler akan meminta Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mengecek pemenuhan syarat. Mereka mengecek melalui aplikasi penerima subsidi.


 

Head Of Marketing Volta Indonesia Tamara Giovanni menyebut, aplikassi untuk mengecek warga yang berhak mendapatkan subsidi tersebut hanya dimiliki oleh pihak diler.

"Memang aplikasi khusus dan yang bisa ngecek kami saja (pihak diler). Jadi datang saja ke diler nanti langsung dicek NIK-nya apakah terdaftar sebagai penerima subsidi motor listrik atau tidak," kata dia.

Baca Juga: Subsidi Terus Diberikan, Penjualan Motor Listrik Terus Meningkat!

Calon pembeli motor listrik hanya perlu menunggu waktu kurang dari 5 menit untuk mengetahui apakah mereka berhal mendapatkan subsidi atau tidak. Jika mereka berhak, akan dilanjutkan ke tahap pembelian selanjutnya.

Adapun golongan masyarakat penerima subsidi motor listrik baru adalah:

1. Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

2. Penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)

3. Penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) dan

4. Pelanggan listrik 450-900 VA.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x