Kompas TV video vod

Pergelaran Hayati Perkenalkan Keragaman Budaya Indonesia ke masyarakat Qatar

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 15:04 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - Indonesia terpilih menjadi mitra tahun kebudayaan Qatar. Hal ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, dalam ''qatar-Indonesia Year of Culture 2023''.

Indonesia terpilih menjadi Mitra Tahun Kebudayaan Qatar, atau Qatar Years of Culture 2023, sekaligus negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kesempatan untuk melangsungkan pertukaran budaya dengan negara tersebut.

Salah satu kegiatan yang perkasai Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, yaitu pergelaran perdana hayati dalam panggung internasional di Katara Opera House Doha dalam rangkaian Qatar Indonesia 2023 Year of Culture.

Cerita Panji merupakan cerita dari masa Majapahit, yang diakui sebagai warisan dunia tak benda UNESCO, dan termasuk dalam daftar warisan ingatan dunia UNESCO 2017.

Sang Sutradara, Rama Soeprapto menjelaskan, Hayati diambil dari nama pohon yang selalu dipakai di gunungan yang membuka pagelaran wayang.

Setelah ditelusuri, kata hayati juga dikenal dalam bahasa arab yang bermakna kehidupan.

Kerja sama dengan Qatar akan berlangsung sepanjang 2023, selain hayat, juga akan dilaksanakan pameran fotografi, festival kopi, serta pameran fotografi, dari Indonesia dan Qatar yang saling berkunjung dan memotret realitas di masing-masing negara.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x