Kompas TV nasional rumah pemilu

Tanggapi Survei Litbang Kompas soal Elektabilitas Parpol: PAN Optimistis Raih 11 Persen Suara

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 22:21 WIB
tanggapi-survei-litbang-kompas-soal-elektabilitas-parpol-pan-optimistis-raih-11-persen-suara
Logo Partai Amanat Nasional. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Amanat Nasional (PAN) optimistis lolos Parliamentary Threshold (PT) atau ambang batas parlemen pada Pileg 2024 mendatang meski dalam survei Litbang Kompas partai pimpinan Zulkifli Hasan itu hanya mempunyai elektabilitas 3,2 persen.

Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, pihaknya masih yakin bisa mencapai target 11 persen pada Pemilu 2024 dan lolos ke parlemen.

"Insyaallah PAN akan optimistis memenuhi target perolehan 11 persen atau setara dengan 65 kursi DPR RI," kata Viva dikutip dari Tribunnews, Rabu (24/5/2023).

Viva menambahkan, sejak dari dulu, berbagai lembaga survei selalu menempatkan partainya tidak lolos ke parlemen.

Akan tetapi, PAN bisa membalikkan hasil survei-survei tersebut dengan selalu mendapatkan kursi di DPR RI hingga Pemilu 2019 silam.

"Sejak 2004 sampai tahun 2023 ini, PAN selalu disurvei sebagai partai yang tidak lolos parliamentary threshold, mulai dari PT 2 persen, 3 persen, dan sekarang 4 persen," ujarnya.

Viva menjelaskan, PAN sendiri juga melakukan survei internal secara rutin melalui lembaga independen untuk mengetahui elektabilitas, prioritas program, dan variabel lain yang dibutuhkan PAN.

Menurutnya, hasil survei internal PAN memang berbeda dengan rilis yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei sejak tahun 2004 sampai sekarang. 

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Jemput Bola Rekam E-KTP Keliling Sekolah



Sumber : Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x