Kompas TV entertainment selebriti

Keteguhan Dewi Yull Rawat sang Anak yang Tunarungu, Kini Surya Sahetapy Lulus S2 di AS

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 11:36 WIB
keteguhan-dewi-yull-rawat-sang-anak-yang-tunarungu-kini-surya-sahetapy-lulus-s2-di-as
Penyanyi Dewi Yull (kanan), putra Dewi Yull, Surya Sahetapy (tengah) dan suami Dewi Yull, Srikaton (kiri) saat hadir di upacara kelulusan putranya di Rochester Institute of Technology (RIT)  (Sumber: Instagram)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Prestasi membanggakan diraih oleh anak ketiga penyanyi Dewi Yull, Panji Surya Putra Sahetapy, atau yang lebih dikenal dengan Surya Sahetapy.

Surya Suhetapy berhasil lulus magister (S2) di Rochester Institute of Technology (RIT), Kota Rochester, Henrietta, New York, Amerika Serikat (AS).

Hal itu dikabarkan langsung oleh Dewi Yull melalui akun Instagram pribadinya. Pelantun “Dua Merpati” tersebut terlihat menemani sang putra saat hari kelulusannya di AS pada 15 Mei 2023 lalu.

"Surya baru lulus S2 di RIT (Rochester Institute of Technology) 2023 setelah sebelumnya mendapatkan beasiswa penuh dari Sasakawa - De Caro RITNTID ( Nippon Foundation),” tulis Dewi Yull.

Dewi Yull juga mengungkapkan bahwa Surya lulus dengan meraih 3 penghargaan sekaligus yakni International Student Outstanding Service Award, The Outstanding Graduating Student Award In The Master's Degree, NTID Graduate College Delegate.

Baca Juga: Penyanyi Senior Bob Tutupoly Meninggal, Yuni Shara hingga Dewi Yull Ucapkan Selamat Jalan

“Menurut teman-teman kuliahnya, para dosen dan rektor jarang sekali mahasiswa memborong achievement sebanyak itu,” kata Dewi Yull.

Pemilik nama asli Raden Adjeng Dewi Pudjijati itu begitu bersyukur kesabarannya membesarkan sang putra dengan melawan stigma-stigma berbuah manis.

Surya Sahetapy merupakan anak ketiga dari mantan pasangan suami-istri, Dewi Yull dan artis senior Ray Sahetapy.

Anak pertama Dewi Yull, Giscka Puteri Agustina Sahatepy, seorang yang juga tunarungu meninggal pada 11 Juni 2010. Anak kedua, Rama Putera, tumbuh normal yang merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Surya lahir pada 21 Desember 1993. Namun, baru divonis tuli pada usia 2 tahun.


 

Dewi Yull tak pernah ragu

Dikutip dari wawancara dengan VOA Indonesia, Dewi Yull mengungkapkan ia sama sekali tidak pernah meragukan kemampuan anaknya meski mengalami disabilitas.

“Saya bersumpah, ini anak akan membanggakan saya,” kata Dewi Yull, Sabtu (20/5/2023).

Padahal, dalam perjalannya mengasuh sang putera, banyak stigma-stigma negatif yang menyerangnya.

Baca Juga: Terlahir Tuli, Surya Sahetapy Anak Dewi Yull Jadi Lulusan Terbaik di New York



Sumber : Voa Indonesia, Antara, Tribun Surabaya

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.