Kompas TV religi agama

Kisah Nurhana Akhirnya Bisa Berangkat Haji Tahun Ini di Usia 85 Tahun, Hasil Menabung 9 Tahun

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 08:00 WIB
kisah-nurhana-akhirnya-bisa-berangkat-haji-tahun-ini-di-usia-85-tahun-hasil-menabung-9-tahun
Nurhana Lubis (85) jemaah calon haji (JCH) kloter pertama dari Kabupaten Mandailing Natal (Madina) akhirnya bisa berangkat haji dari hasil menabung selama sembilan tahun. (Sumber: Antara)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

MEDAN, KOMPAS.TV - Namanya Nurhana Lubis, nenek berusia 85 tahun yang akhirnya bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci setelah menabung selama sembilan tahun.

Jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama dari Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, itu mengaku menabung dengan cara menyicil untuk bisa terbang ke Arab Saudi.

“Saya menabung dengan cara menyicil dan akhirnya bisa juga berangkat haji ke Mekkah tahun ini,” kata Nurhana di Asrama Haji Medan, Selasa (23/5/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Imbau Jemaah Haji Tak Bawa Banyak Barang, Menag: Tidak Perlu Bawa Atribut Partai Politik

Rasa bahagia tak dapat dimungkiri Nurhana. Pasalnya, setelah 10 tahun mengantre, dia bisa melihat Kakbah secara langsung.

Nurhana berharap, bisa mendoakan anak dan cucu di Mekkah dan menjadi haji yang mabrur.

“Alhamdulillah, semoga bisa jadi haji yang mabrur dan mendoakan anak, cucu, serta saudara saat nanti di Mekkah,” ujar Nurhana.

Tak sendirian, Nurhana berangkat haji bersama satu anak dan dua menantunya.

Sebagai informasi, sebanyak 360 jemaah calon haji kloter pertama dari Madina telah masuk ke Asrama Haji Medan, Selasa kemarin. Dari angka tersebut, sebanyak 20 persennya merupakan lansia.


 

Embarkasi Medan (KNO) menjadi satu dari 19 kloter yang akan berangkat ke Arab Saudi hari ini, Rabu (24/5/2023). Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin mengatakan bahwa terdapat 7.510 orang jemaah haji akan diberangkatkan.

Baca Juga: Menag Lepas Keberangkatan 388 Jemaah Haji Kloter Pertama, Ingatkan Cuaca Panas di Arab Saudi

Keberangkatan calon jemaah haji itu berasal dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) empat kloter, Embarkasi Solo (SOC) empat kloter, Embarkasi Makassar (UPG) dua kloter, dan Embarkasi Aceh (BTJ) satu kloter.

Lalu, Embarkasi Medan (KNO) satu kloter, Embarkasi Batam (BTH) dua kloter, Embarkasi Surabaya (SUB) tiga kloter, dan Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) dua kloter.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah melepas jemaah haji dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede di Bandara Soekarno Hatta (Soetta).



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x