Kompas TV religi agama

Menag Lepas Keberangkatan 388 Jemaah Haji Kloter Pertama, Ingatkan Cuaca Panas di Arab Saudi

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 06:40 WIB
menag-lepas-keberangkatan-388-jemaah-haji-kloter-pertama-ingatkan-cuaca-panas-di-arab-saudi
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan jemaah haji kloter pertama Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG-01) di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (24/5/2023). (Sumber: Dok. Kemenag)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan 388 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 01) di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Rabu (24/5/2023) dinihari tadi WIB.

Yaqut menyapa para jemaah haji yang berada di ruang tunggu keberangkatan dan meninjau ruang fast track. Dia mengatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan pengadaan fast track di lokasi lain, tak hanya di Bandara Soetta.

“Tahun depan kita usahakan fast track tidak hanya di sini melainkan di beberapa tempat, terutama di provinsi yang jemaahnya banyak,” kata Yaqut, Rabu, sebagaimana dikutip dari siaran pers di kemenag.go.id.

Baca Juga: 7.510 Calon Jemaah Haji Indonesia 2023 Mulai Berangkat Besok 24 Mei, Diangkut Dua Maskapai

Saat menyapa para jemaah, Yaqut mengingatkan agar para jemaah memperhatikan kondisi cuaca yang ada di Arab Saudi yang jauh lebih panas ketimbang di Indonesia.

Untuk itu, dia mengimbau agar para jemaah tidak memaksakan diri dalam beraktivitas, termasuk saat melaksanakan ibadah sunnah. Pasalnya, jemaah harus menjaga kondisi tubuhnya dalam kondisi prima hingga kembali ke Indonesia.


 

“Jangan terlalu memaksakan diri, termasuk beribadah sunah. Terlebih bila merasa kesehatannya tidak memadai,” imbau Yaqut.

Terkait kondisi kesehatan para jemaah, pemerintah telah menyiapkan sejumlah layanan kesehatan yang dapat dimanfaatkan. Para jemaah diharapkan jangan sungkan berkonsultasi apabila mengalami gangguan kesehatan.

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, sebanyak 7.510 orang jemaah haji akan diberangkatkan ke Arab Saudi hari ini, Rabu. Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin mengatakan, angka tersebut terbagi ke dalam 19 kloter.

Baca Juga: 7.510 Calon Jemaah Haji Indonesia 2023 Mulai Berangkat Besok 24 Mei, Diangkut Dua Maskapai

Keberangkatan calon jemaah haji itu berasal dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) empat kloter, Embarkasi Solo (SOC) empat kloter, Embarkasi Makassar (UPG) dua kloter, dan Embarkasi Aceh (BTJ) satu kloter.

Lalu, Embarkasi Medan (KNO) satu kloter, Embarkasi Batam (BTH) dua kloter, Embarkasi Surabaya (SUB) tiga kloter, dan Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) dua kloter.



Sumber : Kemenag


BERITA LAINNYA



Close Ads x