Kompas TV nasional hukum

Update Kasus Penipuan Tiket Konser Coldplay: Korban Tambah Jadi 65 Orang, Kerugian Capai Rp227 Juta

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 00:10 WIB
update-kasus-penipuan-tiket-konser-coldplay-korban-tambah-jadi-65-orang-kerugian-capai-rp227-juta
Muhammad Zainul Arifin, pengacara korban penipuan penjualan tiket konser Coldplay, mendampingi pemeriksaan korban di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, 23/5/2023). (Sumber: Antara/Laily Rahmawaty)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Muhammad Zainul Arifin, kuasa hukum korban kasus dugaan penipuan penjualan tiket konser Coldplay, menyampaikan perkembangan terbaru terkait kasus yang sedang ditanganinya.

Zainul Arifin mengungkapkan, korban penipuan penjualan tiket konser Coldplay melalui media sosial yang hingga kini melapor kepada pihaknya mencapai 65 orang. Adapun kerugian seluruhnya senilai Rp227 juta.

Baca Juga: Polda Metro Jaya akan Koordinasi dengan Bareskrim Polri Terkait Kasus Penipuan Tiket Coldplay

"Update hari ini kerugian sudah Rp227 juta, yang pagi tadi Rp183 juta, korbannya pun bertambah dari 60 menjadi 65 orang," kata Muhammad Zainul Arifin di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Zainul dan tim kuasa hukum lainnya diketahui mendampingi tujuh korban penipuan penjualan tiket konser Coldplay yang menjalani pemeriksaan oleh penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) di Bareskrim Polri.

Selain korban, Zainul selaku pelapor juga turut diperiksa untuk Berita Acara Pemeriksaan (BAP) atas laporan yang dilayangkannya pada Jumat (19/5/2023).

Zainul mengaku telah diperiksa penyidik dan ditanyai sebanyak 18 pertanyaan. Sedangkan para saksi korban diperiksa sebanyak 15 pertanyaan.

Pertanyaan yang diajukan penyidik terkait barang bukti dan peristiwa hukum, serta pola-pola penipuan yang dilakukan pelaku yakni dengan cara yang sama melalui media sosial, kemudian trik, nomor rekening dan beberapa nomor akun media sosial yang sama.

Baca Juga: Korban Penipuan Coldplay Tuntut Uang Kembali, Kuasa Hukum: Paling Tidak Dapat Tiket Gratis

Menurut Zainul, kasus ini melibatkan sindikat karena terus berulang dan masif. Penjualan tiket dengan modus yang sama juga terjadi pada saat penjualan tiket konser Balckpink dan Moto GP Mandalika.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.