Kompas TV internasional kompas dunia

Jam Tangan Kaisar Terakhir China Terjual dalam Lelang seharga Rp76 Miliar di Hong Kong

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 08:25 WIB
jam-tangan-kaisar-terakhir-china-terjual-dalam-lelang-seharga-rp76-miliar-di-hong-kong
Jam tangan yang pernah dimiliki oleh kaisar terakhir Dinasti Qing China, Pu Yi, yang kehidupannya menjadi dasar film pemenang Oscar The Last Emperor, terjual dengan harga rekor HK$40 juta (US$5,1 juta), setara dengan 76 miliar Rupiah dalam lelang di Hong Kong hari Selasa, (23/5/2023) (Sumber: Forbes)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

HONG KONG, KOMPAS.TV - Sebuah jam tangan yang pernah dimiliki oleh kaisar terakhir Dinasti Qing China, Pu Yi, yang kehidupannya menjadi dasar film pemenang Oscar The Last Emperor, terjual dengan harga rekor HK$40 juta (US$5,1 juta), setara dengan Rp76 miliar dalam lelang di Hong Kong, Selasa (23/5/2023).

Seorang pembeli yang dirahasiakan identitasnya membeli jam tangan langka Patek Philippe yang dulunya dimiliki oleh Aisin-Gioro Puyi. Harga tersebut tidak termasuk biaya lelang.

Thomas Perazzi, kepala divisi jam tangan di rumah lelang Phillips Asia, seperti dikutip Straits Times, mengatakan, ini adalah "hasil tertinggi" untuk jam tangan apa pun yang pernah dimiliki oleh seorang kaisar.

Jam tangan itu satu dari hanya tiga Patek Philippe Reference 96 Quantieme Lune, diberikan Puyi kepada penerjemah Rusia-nya ketika ia ditahan oleh Uni Soviet, kata rumah lelang tersebut. Harganya jauh melebihi perkiraan sebelum lelang sebesar US$3 juta.

Menurut New York Times, Puyi membawa jam tangan tersebut, Patek Philippe Reference 96 Quantieme Lune, ketika ia ditangkap oleh Uni Soviet selama Perang Dunia II, sebelum ia memberikannya kepada penerjemah Rusianya, Georgy Permyakov.

Jam tangan tersebut, yang membutuhkan waktu tiga tahun untuk diverifikasi keasliannya, adalah salah satu dari tiga yang pernah dibuat oleh Patek Philippe, menurut rumah lelang Phillips, dan dilengkapi dengan fase bulan dan kalender tanggal ganda.

Belum diketahui bagaimana atau kapan Puyi memperoleh jam tangan tersebut, catat Phillips, setelah jam tangan itu dibuat pada tahun 1937 dan dijual kepada pengecer Prancis, Guillermin.

Kipas kertas merah yang diberi tulisan oleh Puyi sebelum ia memberikan kipas dan jam tangan kepada Permyakov juga terjual dengan perkiraan sebesar US$61.000.

Baca Juga: Fans Queen Merapat! Koleksi Barang Antik Pribadi Freddie Mercury Termasuk Sisir Kumis Bakal Dilelang

Jam tangan yang pernah dimiliki oleh kaisar terakhir Dinasti Qing China, Pu Yi, yang kehidupannya menjadi dasar film pemenang Oscar The Last Emperor, terjual dengan harga rekor HK$40 juta (US$5,1 juta), setara dengan 76 miliar Rupiah dalam lelang di Hong Kong hari Selasa, (23/5/2023) (Sumber: Bloomberg)


Sumber : Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.