Kompas TV video vod

Klarifikasi Pernyataannya Soal LGBT Adalah Kodrat, Mahfud MD: Yang Bilang Begitu DPR

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 18:00 WIB
Penulis : Ikbal Maulana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyampaikan maksud isi ceramahnya saat menghadiri Rakernas KAHMI 2023 di Cisarua soal LGBT tidak dilarang di Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Hal itu disampaikan Mahfud di acara Seminar Nasional bertajuk 'Literasi Media dan Politik Jelang Pemilu 2024' di UIN Jakarta, Selasa (23/5/2023).

"Beberapa waktu yang lalu saya ceramah di Cisarua, saya bilang begini. Saudara, KUHP yang baru, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang baru itu tidak memuat larangan terhadap LGBT. Kenapa tidak memuat? Menurut pembentuk undang-undang, LGBT itu kodrat," kata Mahfud.

Menurut Mahfud, alasan LGBT tidak dilarang KUHP hanya mengutip dari DPR, dirinya hanya menjelaskan.

"Sehingga tidak mau masukkan itu pembentuk Undang-Undang, DPR. Kodrat, tidak boleh dihukum, tidak boleh dilarang karena itu pemberian Tuhan. Yang dilarang itu perilakunya yang ditunjukkan secara melanggar hukum," tuturnya.

"Saya menjelaskan bahwa kenapa itu tidak masuk. Ya kata DPR begitu alasannya. Tapi sekarang yang berkembang 'Mahfud Md: LGBT Kodrat Ciptaan Tuhan, Tidak Boleh Dilarang'. Nggak, bukan saya yang bilang," lanjutnya.

Baca Juga: Mahfud MD Persilakan BPKP Audit Proyek di Kominfo, Termasuk Kasus Korupsi BTS

Video Editor: Firmansyah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x