Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Penjualan Pernak Pernik Haji di Kota Semarang Meningkat 20 Persen

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 14:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Penjualan pernak pernik haji dan umroh di Kota Semarang, Jawa Tengah,  mengalami peningkatan. Pernak pernik haji dan umroh yang mengalami peningkatan didominasi oleh makanan dan minuman, seperti kacang-kacangan, kismis, kurma dan air zam-zam. Sementara perlengkapan pakaian dan sajadah meskipun meningkat, namun tidak signifikan.

Peningkatan penjualan pernak-pernik haji dirasakan telah terjadi sejak Ramadan 2023. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya angka peningkatan mencapai 15 persen hingga 20 persen.

"Sebelum puasa sudah banyak yang pesan, untuk oleh-oleh, untuk makanan, nanti diambilnya setelah merak pulang dari umroh," kata Ina, karyawan.

Aneka makanan dan minuman yang laris dipesan oleh pelanggan biasanya dipergunakan untuk gift haji atau oleh-oleh haji, yang dijual mulai dari harga Rp 11.000 hingga Rp 30.000 per paket.

Selain itu, ada juga tasbih yang dijual mulai dari harga Rp 45.000 hingga Rp 75.000 per lusin, serta sajadah yang dijual mulai dari harga Rp 450.000 hingga Rp 1,3 juta per kodi.

Sementara untuk pakaian haji dan umroh dijual dari harga Rp 30.000 hingga Rp 190.000, mulai dari pakaian dalam, celana, kaos hingga baju ihram. Peningkatan pembelian untuk pakaian haji dan umroh justru meningkat pada saat mendekati manasik haji.

#haji #semarang #umroh



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x