Kompas TV ekonomi perbankan

Investigasi OJK masih Berjalan hingga Masalah Dampak Gangguan Layanan BSI Tuntas

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 08:49 WIB
investigasi-ojk-masih-berjalan-hingga-masalah-dampak-gangguan-layanan-bsi-tuntas
Suasana acara saat peresmian Outlet BSI Prioritas di The Tower Jakarta, Rabu (12/1/2022). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Investigasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap Bank Syariah Indonesia (persero) Tbk masih terus berjalan setelah bank plat merah tersebut mendapat serangan siber. 

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae menjelaskan begitu masalah peretasan muncul BSI telah melakukan koordinasi dengan OJK.

Sejauh ini upaya BSI untuk memastikan penyebab gangguan layanan akibat peretasan terus berlangsung dan pihaknya tetap memonitor pelaksanaannya hingga seluruh persoalan dinilai tuntas. 

"Koordinasi kita dengan BSI terus berlangsung sampai memang kita merasakan seluruhnya sudah tuntas," ujar Dian saat wawancara di program Ni Luh KOMPAS TV, Senin (22/5/2023).

Baca Juga: Gara-gara Gangguan Layanan, Erick Thohir Rombak Komisaris hingga Jajaran Direksi BSI

Dian menjelaskan hasil penelusuran OJK permasalahan ganguan layanan BSI akibat dari salah satu perangkat komputer yang terkena virus ransomware, hingga munculnya kebocoran data di situs tertutup, dark web.

Namun dari laporan pengawas OJK di lapangan, data-data yang dibocorkan di situs dark web masih terbatas nasabah dan karyawan BSI. 

"Berdasarkan penelitaan sampai sejauh data di dark web terkait dengan data yang sudah tiga tahun lalu. Bukan data sensitif, bukan data yang masih berlaku, data sudah tiga tahun lalu. Yang pasti dana masyarkat di BSI masih aman," ujar Dian.

Lebih lanjut Dian menjelaskan percobaan peretasan yang menyasar perbankan setiap hari memang selalu terjadi.

Baca Juga: Nasabah BSI Bingung Ada Saldo Diblokir Rp50.000 Saat Cek Rekening, Ini Penjelasan BSI

Hal ini membuktikan secara umum sistem perbankan di Indonesia sangat kuat menahan serangan siber. Namun insiden yang terjadi di BSI menurutnya benar-benar di luar dugaan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.