Kompas TV internasional kompas dunia

Bila Pemerintah Amerika Serikat Gagal Bayar Utang atau Default, Ini Horor yang Bakal Terjadi

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 08:05 WIB
bila-pemerintah-amerika-serikat-gagal-bayar-utang-atau-default-ini-horor-yang-bakal-terjadi
Dollar AS dan Euro. Jika krisis utang yang melanda Washington akhirnya membuat Amerika Serikat terjerembab ke dalam resesi, ekonomi Amerika tidak akan tenggelam sendirian. Dampak dari default pertama dalam sejarah terhadap utang federal akan dengan cepat terdengar di seluruh dunia. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Jika krisis utang yang melanda Washington akhirnya membuat Amerika Serikat (AS) terjerembab ke dalam resesi, ekonomi AS tidak akan tenggelam sendirian.

Dampak dari default atau gagal bayar utang pertama dalam sejarah terhadap utang federal akan dengan cepat terdengar di seluruh dunia, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Senin (22/5/2023).

Pesanan bagi pabrik-pabrik China yang menjual elektronik ke AS bisa kering. Investor Swiss yang memiliki Surat Utang AS akan mengalami kerugian. Perusahaan Sri Lanka tidak lagi dapat menggunakan dolar sebagai alternatif terhadap mata uang mereka yang tidak stabil.

"Tidak ada bagian dari ekonomi global yang akan terhindar jika pemerintah AS pailit dan krisis ini tidak segera diselesaikan," kata Mark Zandi, kepala ekonom Moody's Analytics.

Zandi dan dua rekannya di Moody's menyimpulkan, bahkan jika batas utang dilampaui selama tidak lebih dari seminggu, ekonomi AS akan melemah begitu banyak dan begitu cepat sehingga sekitar 1,5 juta pekerjaan akan hilang.

Dan jika default pemerintah berlangsung lebih lama, hingga ke musim panas, konsekuensinya akan jauh lebih buruk, kata Zandi dan rekannya dalam analisis mereka. Yakni, pertumbuhan ekonomi AS merosot, 7,8 juta pekerjaan AS akan lenyap, tingkat pinjaman akan melonjak, tingkat pengangguran akan melonjak dari 3,4% saat ini menjadi 8%, dan penurunan pasar saham akan menghapus $10 triliun kekayaan rumah tangga.

Tentu saja, tidak mungkin terjadi. Gedung Putih dan anggota Partai Republik, mencari terobosan, menyelesaikan putaran negosiasi batas utang pada hari Minggu, dengan rencana untuk melanjutkan pembicaraan pada hari Senin.

Partai Republik telah mengancam akan membiarkan pemerintah pailit pada utangnya dengan menolak untuk meningkatkan batas maksimum pinjaman, kecuali Presiden Joe Biden dan Demokrat menerima pemotongan pengeluaran yang tajam dan konsesi lainnya.

Baca Juga: Pemerintah AS Terancam Gagal Bayar Utang pada Awal Juni, Ini Penjelasan Detail Krisis Itu

Jika krisis utang yang melanda Washington akhirnya membuat Amerika Serikat terjerembab ke dalam resesi, ekonomi Amerika tidak akan tenggelam sendirian. Dampak dari default pertama dalam sejarah terhadap utang federal akan dengan cepat terdengar di seluruh dunia. (Sumber: New York Post)

Utang AS Sudah Lama Dianggap Sangat Aman

Yang bikin makin parah kecemasan adalah fakta, banyak aktivitas keuangan tergantung pada keyakinan bahwa AS selalu membayar kewajiban keuangannya.

Utangnya, yang selama ini dianggap sebagai aset yang sangat aman, adalah dasar dari perdagangan global yang dibangun selama beberapa dekade kepercayaan pada AS.

Default bisa menghancurkan pasar utang Surat Utang AS senilai $24 triliun, menyebabkan pasar keuangan membeku dan memicu krisis internasional.

"Pailit utang akan menjadi peristiwa yang menggemparkan, dengan konsekuensi yang tak terduga, tetapi kemungkinan dramatis terhadap pasar keuangan AS dan global," kata Eswar Prasad, profesor kebijakan perdagangan di Cornell University dan sesama senior di Brookings Institution.

Ancaman ini muncul ketika ekonomi global sedang berhadapan dengan berbagai ancaman, mulai dari inflasi dan tingkat bunga yang melonjak hingga dampak terus-menerus serangan Rusia ke Ukraina dan cengkeraman rezim otoriter. Di atas semua itu, banyak negara telah menjadi skeptis terhadap peran AS yang sangat besar dalam keuangan global.

Di masa lalu, para pemimpin politik AS umumnya berhasil menghindar dari ambang kehancuran dan meningkatkan batas utang sebelum terlambat. Kongres telah meningkatkan, merevisi, atau memperpanjang batas pinjaman sebanyak 78 kali sejak tahun 1960, yang terakhir kali pada tahun 2021.

Namun, masalah ini semakin memburuk. Pembagian partisan di Kongres semakin memperlebar kesenjangan, sementara utang terus bertambah setelah bertahun-tahun pengeluaran yang meningkat dan pemotongan pajak besar-besaran.

Menteri Keuangan Janet Yellen telah memperingatkan bahwa pemerintah dapat pailit secepat 1 Juni jika para legislator tidak meningkatkan atau menangguhkan plafon utang.

Baca Juga: AS Terancam Gagal Bayar Utang, Ekonom Minta RI Siapkan Langkah Antisipasi

Jika krisis utang yang melanda Washington akhirnya membuat Amerika Serikat terjerembab ke dalam resesi, ekonomi Amerika tidak akan tenggelam sendirian. Dampak dari default pertama dalam sejarah terhadap utang federal akan dengan cepat terdengar di seluruh dunia. (Sumber: The Hill)

Guncangan Lewat Sistem

"Jika kepercayaan pada (Surat Utang) menjadi terganggu karena alasan apa pun, itu akan menyebabkan guncangan melalui sistem ... dan memiliki konsekuensi besar terhadap pertumbuhan global," kata Maurice Obstfeld, sesama senior di Peterson Institute for International Economics dan mantan kepala ekonom Dana Moneter Internasional.

Surat Utang AS secara luas digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman, sebagai pengaman terhadap kerugian bank, sebagai tempat berlindung dalam situasi ketidakpastian tinggi, dan sebagai tempat bagi bank sentral untuk menyimpan cadangan valuta asing.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.