Kompas TV internasional kompas dunia

Bom AS Penghancur Bunker Nuklir Iran Tiba-Tiba Muncul di Tengah Ketegangan Washington-Teheran

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 01:05 WIB
bom-as-penghancur-bunker-nuklir-iran-tiba-tiba-muncul-di-tengah-ketegangan-washington-teheran
Foto yang dirilis Angkatan Udara AS pada 2 Mei 2023 ini terlihat bom super GBU-57 di Pangkalan Udara Whiteman di Missouri. Bom AS itu dirancang menghancurkan situs bawah tanah Iran. (Sumber: AP Photo/US Air Force)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

DUBAI, KOMPAS.TV - Saat ketegangan dengan Iran meningkat akibat program nuklirnya, militer Amerika Serikat (AS) bulan ini mengunggah gambar bom dahsyat yang dirancang untuk menembus dan menghancurkan fasilitas nuklir bawah tanah, khusus dirancang untuk menyerang Iran.

Pada tanggal 2 Mei, Angkatan Udara (AU) AS merilis foto langka bom itu, GBU-57 yang dikenal sebagai Massive Ordnance Penetrator. Namun kemudian gambar-gambar tersebut langsung dihapus, mungkin karena mengungkapkan rincian sensitif tentang komposisi dan kekuatan senjata tersebut, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Senin (22/5/2023).

Publikasi foto-foto ini terjadi ketika Associated Press melaporkan bahwa Iran sedang membuat kemajuan stabil dalam membangun fasilitas nuklir yang kemungkinan berada di luar jangkauan GBU-57, yang dianggap sebagai senjata terakhir militer AS untuk menghancurkan bunker-bunker bawah tanah.

Apa yang kita ketahui tentang Massive Ordnance Penetrator, Bom AU AS

AS mengembangkan Massive Ordnance Penetrator atau bom penghancur super bunker tahun 2000-an saat AS dan sekutu termasuk Israel ketar-ketir atas upaya Iran membangun situs nuklirnya di bawah tanah.

AU AS mengunggah foto bom tersebut di halaman Facebook Pangkalan AU Whiteman di Missouri. Pangkalan ini adalah rumah bagi armada pesawat B-2 stealth, satu-satunya pesawat yang bisa membawa bom tersebut.

Dalam keterangan gambar, pangkalan tersebut mengatakan mereka menerima dua bom Massive Ordnance Penetrator agar skuadron amunisi di sana dapat "menguji performanya."

Ini bukan kali pertama AU AS memublikasikan foto dan video bom tersebut yang bersamaan dengan meningkatnya ketegangan dengan Teheran terkait program nuklirnya.

Pada tahun 2019, militer AS merilis video yang menunjukkan pesawat pengebom B-2 menjatuhkan dua bom tersebut. AU AS tidak merespons permintaan komentar mengapa mereka mengunggah dan kemudian menghapus set foto terbaru itu.

Baca Juga: Iran Desak Barat untuk Berhenti Sengaja Mengulur-ulur Pemulihan Perjanjian Nuklir

Foto yang dirilis Angkatan Udara AS pada 2 Mei 2023 ini terlihat bom super GBU-57 di Pangkalan Udara Whiteman di Missouri. Bom AS itu dirancang menghancurkan situs bawah tanah Iran (Sumber: AP Photo/US Air Force)

Apa yang bisa kita lihat dari foto-foto tersebut

Foto-foto terbaru mengungkapkan tanda cetakan pada bom yang mencantumkan beratnya sebesar 12.300 kilogram, atau 12,3 ton. Bom tersebut juga dikatakan membawa campuran AFX-757, bahan peledak standar, dan PBXN-114, senyawa peledak yang relatif baru, kata Rahul Udoshi, seorang analis senjata senior di Janes, sebuah perusahaan intelijen open-source.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x