Kompas TV olahraga sepak bola

Ivar Jenner dan Rafael Struick Resmi Jadi WNI, Suntikan Kekuatan Timnas Indonesia

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 20:17 WIB
ivar-jenner-dan-rafael-struick-resmi-jadi-wni-suntikan-kekuatan-timnas-indonesia
Dua atlet sepak bola naturalisasi, Ivar Jenner (kiri) dan Rafael Struick berfoto setelah menjalani prosesi pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Senin (22/5/2023). (Sumber: Antara/HO/PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua atlet sepak bola Ivar Jenner dan Rafael Struick telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). 

Ivar dan Rafael mengambil sumpah kewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin (22/5/2023). 

Kedua pemain yang saat ini membela klub Liga Belanda itu mengaku sangat bahagia dan berterima kasih kepada semua pihak yang aktif membantu proses naturalisasi mereka. 

"Ini adalah hari yang luar biasa. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI, juga pemerintah Indonesia," kata Ivar Jenner, dilansir dari laman resmi PSSI.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Bakal Ada Tiga Pemain Naturalisasi yang Siap Memperkuat Timnas

"Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saya saat ini, tetapi saya sangat senang. Terima kasih banyak," kata pemain yang saat ini membela klub FC Utrecht II itu.

Sama seperti Ivar, Rafael juga mengaku senang. Dia menganggap peresmiannya menjadi WNI adalah hari yang sangat spesial bagi dirinya dan keluarga.

"Saya hanya mau ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir di sini. Ini adalah hari yang spesial buat saya, untuk keluarga saya," ucap Rafael Struick yang memperkuat klub Eredivisie (divisi teratas Liga Belanda) ADO Den Haag tersebut. 

Baca Juga: Justin Hubner dan Ivar Jenner Gabung TC Timnas U20 Indonesia di Turki

Sebelum bisa membela Timnas Indonesia, kedua pemain tersebut wajib merampungkan kepindahan federasi, dari KNVB ke PSSI. 

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku pihaknya tengah menyelesaikan perpindahan federasi dua pemain tersebut. 

Ia berharap proses kepindahan dapat selesai dengan cepat agar Ivar Jenner dan Rafael Struick bisa membela Timnas Indonesia di beberapa turnamen ke depan. 

Ivar Jenner dan Rafael Struick diproyeksikan dapat membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang bergulir di Qatar pada Januari tahun depan. 

Baca Juga: Piala Asia 2023: Indonesia dan Vietnam Satu Grup Lagi, Malaysia dan Thailand Punya Tugas Berat


 

 

 



Sumber : Kompas TV/PSSI


BERITA LAINNYA



Close Ads x