Kompas TV nasional hukum

Update Kasus Dugaan Korupsi Pembangunan BTS 4G Kemenkominfo, Mahfud MD: Bermasalah Sejak 2020

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 14:03 WIB
update-kasus-dugaan-korupsi-pembangunan-bts-4g-kemenkominfo-mahfud-md-bermasalah-sejak-2020
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan saat menyambangi Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023) malam. (Sumber: Prisca Triferina/Antara)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Proyek pembangunan BTS 4G Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah berlangsung sejak tahun 2006 dan baru bermasalah pada tahun anggaran 2020.

Penjelasan itu disampaikan oleh Plt Menteri Kominfo Mahfud MD, dalam konferensi pers tentang kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Menkominfo Johnny G Plate, Senin (22/5/2023).

Dalam penjelasannya, Mahfud mengatakan, berkaitan dengan kasus pembangunan BTS tersebut merupakan pekerjaan yang penting bagi rakyat Indonesia.

“Menyangkut BTS itu, saya melaporkan, berdasarkan hasil dokumen dan analisis yang saya peroleh, jadi ini adalah proyek BTS yang sudah direncanakan sudah lama, dan itu penting bagi rakyat Indonesia, dan harus diteruskan,” tuturnya.

Sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2006, kata Mahfud, proyek itu berjalan lancar hingga tahun 2019 lalu.

Baca Juga: Selain Johnny G Plate, Kejagung Juga Tetapkan 5 tersangka Lain dalam Korupsi Menara BTS 4G

Namun, masalah muncul pada tahun anggaran 2020, tepatnya saat pencairan anggaran proyek tersebut.

“Itu berlangsung sejak 2006 sampai tahun 2019, berjalan bagus," katanya.

“Baru muncul masalah sejak tahun anggaran 2020, yaitu ketika proyek senilai Rp28 sekian triliun itu dicairkan dulu sebesar Rp10 koma sekian triliun pada tahun 2020 dan 2021,” tegasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.