Kompas TV olahraga sepak bola

Indra Sjafri, Mantan Pegawai Kantor Pos, Motivator di Lapangan Hijau "Bertangan Emas"

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 07:20 WIB
indra-sjafri-mantan-pegawai-kantor-pos-motivator-di-lapangan-hijau-bertangan-emas
Pelatih Timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri menunjukkan medali dan maskot SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (Sumber: Antara Foto/Bayu Kuncahyo)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kemenangan Indonesia di ajang final sepak bola Sea Games Kamboja 2023, masih jadi perbincangan. Salah satunya pelatih Indra Sjafri, yang berhasil menorehkan emas setelah 32 tahun lalu, sejak 1991.

Ini bukan prestasi pertamanya sebagai pelatih. Di ajang Piala AFF U-19 tahun 2013 di tempat yang sama, Indra juga berhasil membawa anak-anak asuhnya juara pertama. Hal yang sama juga terjadi pada piala AFF U-22 tahun 2019.

Padahal sebelum 2011, nama Indra belum dikenal di dunia sepak bola tanah air. Maklum, dia hanyalah pegawai Kantor Pos Indonesia di Kota Padang, Sumatera Barat. Kerja di kantor pos pun dia peroleh karena prestasinya saat bermain bersama PSP Padang sejak tahun 1980-an.

Baca Juga: Strategi Indra Sjafri Kalahkan Thailand dan Bawa Pulang Emas SEA Games 2023

Namun, kecintaan pada sepak bola tidak bisa dia hentikan meski sudah menjadi pegawai. Dia ambil kursus kepelatihan di sela-sela kerja sebagai karyawan. Hingga pada akhirnya tidak bisa lagi membagi waktu dan memutuskan untuk fokus menjadi pelatih. Dikutip dari Harian KOMPAS yang terbit Sabtu (20/5/2023), Indra memutuskan keluar setelah 23 tahun bekerja di kantor milik BUMN itu. 


Karir kepelatihannya dimulai saat pengurus PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) kala itu Bob Hippy meminta bantuan untuk memoles bakat Timnas U-16 di Bangkok, Thailand. Namun karir awalnya tidak berjalan mulus. Timnas U-16 gagal ke babak berikutnya. Dalam evaluasinya, ada persoalan mental kebangsaan yang belum terbentuk di jiwa para pemain. 

Maka sejak itu, Indra bukan hanya menggembleng fisik tapi juga mental pemain. Dia pun berkeliling mencari para pemain muda berbakat dari bebagai pelosok negeri. Tercatat nama seperti Samuel Pellu, Evan Dimas, dan Ravi Murdianto yang pernah dia sentuh.

Nah, saat timnas melawan Thailand di Kamboja, maka mental dan motivasi kebangsaan dia tanamkan kuat. Dalam akun media sosialnya, setelah kemenangan, Indra mengunggah, "Indonesia Bisa. Kita bisa memperlihatkan bahwa negara ini mampu, negara ini besar dan negara ini sanggup untuk mendapatkan kemenangan ketika kita semua bekerjasama," katanya.

Baca Juga: Kata Indra Sjafri ke Skuad Timnas U22 Indonesia: Kalian Pelaku Sejarah, Kalian Primadona!

Bagi Indra, mentalitas adalah aspek yang tidak boleh lepas saat di lapangan. Kepada para pemain ia selalu beri motivasi untuk terus berjuang, menanamkan nilai-nilai bahwa Indonesia adalah bangsa besar.        



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x