Kompas TV nasional rumah pemilu

Jamin Independensi, Litbang Kompas Rilis Survei Kepemimpinan Nasional 22-24 Mei

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 06:00 WIB
jamin-independensi-litbang-kompas-rilis-survei-kepemimpinan-nasional-22-24-mei
Harian Kompas bersama Litbang Kompas akan merilis hasil Survei Kepemimpinan Nasional (SKN) pada tanggal 22-24 Mei 2023. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Harian Kompas akan merilis hasil Survei Kepemimpinan Nasional (SKN) pada tanggal 22-24 Mei 2023.

Survei yang digarap peneliti dari Litbang Kompas ini rutin dikeluarkan setiap tiga bulan sekali.

Redaktur Pelaksana Harian Kompas Adi Prinantyo mengatakan survei tersebut akan berisi persepsi publik terhadap kinerja pemerintah saat ini.

Selain itu, survei Litbang Kompas itu juga Alan memuat persepsi publik terkait elektabilitas partai politik serta persepsi publik terhadap elektabilitas calon presiden (capres).

Adi memastikan, survei yang dirilis Litbang Kompas ini merupakan perwujudan jurnalisme berkualitas. 

Selain itu, Adi juga menjamin independensi karena survei ini tidak didanai oleh pihak ketiga, melainkan oleh PT Kompas Media Nusantara sendiri. 

"Saya jamin saya survei Litbang Kompas ini karena didanai sendiri oleh Kompas, maka kepentingannya adalah perwujudan jurnalisme berkualitas," kata Adi dalam diskusi daring melalui Twitter Spaces, Minggu (21/5/2023), dikutip dari Kompas.com.

"Hasilnya sudah pasti demi kepentingan pemberitaan sendiri, jadi bukan untuk siapa-siapa," imbuhnya.

Baca Juga: Anies Heran Lembaga Survei Rilis Elektabilitas tiap Minggu: Ini Memotret Opini atau Membentuk Opini?

Terkait survei, peneliti Litbang Kompas Karina Isna menyampaikan bahwa survei ini menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat.

Pengumpulan responden pun sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), yaitu dengan proporsi 48 persen responden berasal dari desa dan 52 responden berasal dari kota, dari total 1.200 responden survei di 302 titik dan 38 provinsi. 

Berdasarkan jenis kelamin, responden survei terdiri dari 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan di seluruh generasi meliputi generasi milenial, generasi x, generasi z, sampai baby boomers. 

"Jadi respondennya ini enggak sembarangan bisa jadi responden. (Untuk menentukan responden), kita pakai metode lagi namanya random sampling sederhana," ungkap Karina.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa survei ini dilaksanakan pada 29 April - 10 Mei 2023 yang berarti tim Litbang Kompas memiliki waktu kurang dari 10 hari untuk mengolah data dan menyajikan temuan mulai Senin (22/5/2023).

Sedanglan margin of error dari survei ini adalah plus minus 2,8 persen. 

"Kalau 2,8 persen itu aman relatif, setiap angka masih bisa plus atau minus," lanjutnya.

"Kita bisa pastikan kalau margin of error 2,8 persen ini sudah aman dan dapat dipertanggungjawabkan, apalagi tingkat kepercayaan kita masih 95 persen," tutup Karina. 

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Dinilai Paling Bisa Lanjutkan Program Jokowi


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x