Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Pembuatan Baju Adat Dari Kulit Kayu

Kompas.tv - 21 Mei 2023, 11:44 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV- Di Kabupaten Poso masih ada tradisi pembuatan baju adat dari kulit kayu. Pembuatnya adalah adik dan kakak yang kini telah lanjut usia.

Sikidi nenek usia 77 tahun ini sudah menggeluti pembuatan baju adat dari kulit pohon sejak usianya masih sekitar 7 tahun. Ditemani adiknya yang juga sudah lanjut usia sekitar 69 tahun Sikidi dan Elisabet masih menerima pesanan pembuatan baju adat.

Bahan bakunya dari kulit kayu pohon bea atau pohon beringin. Pembuatannya masih secara tradisional dengan mengupas kulit kayu kemudian dipipihkan dengan menggunakan alat. Setelah tipis, kulit kayu akan dijemur dan di cat sesuai motif khas daerah Poso.

Kulit kayu ini kemudian dibentuk menjadi sepasang baju adat. Baju ini sering digunakan saat upacara adat, pengucapan syukur dan pesta pernikahan adat.

Usianya yang sudah lanjut tak menghalangi geraknya untuk memipihkan bahan baku baju adat Poso. Sayang, ketertarikan generasi muda untuk menjadi pembuat baju adat dari kulit kayu ini masih kurang.

#PakaianAdat #BajuKulitKayu #KabupatenPoso 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.