Kompas TV nasional peristiwa

Kronologi Dokter Tertipu Tiket Konser Coldplay, Tergiur Jasa Jastip di Instagram Berujung Penipuan

Kompas.tv - 21 Mei 2023, 10:50 WIB
kronologi-dokter-tertipu-tiket-konser-coldplay-tergiur-jasa-jastip-di-instagram-berujung-penipuan
Beberapa kategori tiket konser Coldplay Jakarta sudah habis terjual sebelum satu jam sejak penjualan dibuka, Rabu (17/5/2023) (Sumber: Kompas TV/ Dian Nita)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Konser band asal Inggris Coldplay di Jakarta yang digelar 15 November mendatang menjadi isu terhangat di Tanah Air beberapa hari ini.

Bukan hanya karena panasnya persaingan saat war tiket, namun juga muncul orang-orang yang menjadi korban penipuan tiket konser Coldplay.

Salah satunya adalah Nicho Saputra Nugraha, dokter di Palembang menjadi korban penipuan pembelian tiket konser Coldplay melalui jasa titip (jastip).

Nicho kehilangan uang Rp12,5 juta untuk pembelian dua tiket konser Coldplay yang dibelinya melalui akun Instagram jastip.

Baca Juga: Cerita Ticket War Coldplay di Indonesia dan Luar Negeri, Tetap Ada Calo dan Jastip

Kronologi bermula saat Nicho awalnya berniat membeli tiket Coldplay. Kemudian manajer Nicho, Nina diminta untuk mencari tiket konser Coldplay itu dengan cara melalui akun jastip di Instagram.

Nina menemukan akun Instagram jastip @tixconcert.id yang menjual tiket dengan harga Rp 6.250.000.

"Jadi klien saya yang merupakan managernya ini lantas mencari akun jastip nonton konser tersebut dan menemukan akun Instagram ini," ujar kuasa hukum Nina, Febi Irianto dikutip dari Sripoku.com, Sabtu (20/05/2023).

Setelah dicek, tampilan akun Instagram pelaku cukup meyakinkan lantaran banyak menampilkan testimoni pelanggan mereka.

"Jadi karena pas lihat akun Instagram itu meyakinkan, rapi dan juga ada testimoni di feed dan sorotan lantas klien kami ini percaya yang melanjutkan komunikasi melalui WhatsApp," ujarnya.

Nina pun menghubungi pemilik akun lewat nomor WhatsApp yang tercantum dan segera melakukan transaksi.

Baca Juga: Tiket Coldplay Mulai Dijual di Situs Tak Resmi, Dibandrol dari harga Rp11 Juta Hingga Rp46 Juta!

“Klien kami tidak curiga karena banyak testimoni positif di akun tersebut. Sehingga, pembayaran dilakukan sebanyak tiga kali untuk dua tiket dengan harga Rp12,5 juta,” kata Febi, saat memberikan keterangan pers, Sabtu (20/5).

Setelah uang dikirimkan, tiket yang dijanjikan tak dikirimkan. Nina pun kemudian menghubungi nomor yang tertera namun tak kunjung aktif.

“Akun instagram itu sempat mengubah nama menjadi @tiketkuiniyahh, setelah kami cari lagi akunnya sudah tidak ada di Instagram,” ujarnya.




Sumber : Kompas TV, Sripoku

BERITA LAINNYA



Close Ads x