Kompas TV internasional kompas dunia

WHO Luncurkan Jaringan Global untuk Deteksi Dini Ancaman Pandemi seperti Covid-19

Kompas.tv - 21 Mei 2023, 06:30 WIB
who-luncurkan-jaringan-global-untuk-deteksi-dini-ancaman-pandemi-seperti-covid-19
WHO hari Sabtu (20/5/2023) meluncurkan jaringan global untuk membantu mendeteksi dengan cepat ancaman penyakit menular, seperti Covid-19, dan membagikan informasi untuk mencegah penyebarannya. (Sumber: Photo by CDC on Unsplash)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JENEWA, KOMPAS.TV - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hari Sabtu (20/5/2023) meluncurkan jaringan global untuk membantu mendeteksi dengan cepat ancaman penyakit menular, seperti Covid-19, dan membagikan informasi untuk mencegah penyebarannya.

International Pathogen Surveillance Network (IPSN) akan menyediakan platform untuk menghubungkan negara-negara dan wilayah, serta meningkatkan sistem pengumpulan dan analisis sampel, kata lembaga tersebut.

Jaringan ini ingin memastikan ancaman penyakit menular terdeteksi dan dilacak dengan cepat serta informasinya dibagikan dan ditindaklanjuti untuk mencegah bencana seperti pandemi Covid-19, seperti laporan Straits Times, Sabtu (20/5/2023).

Jaringan ini akan bergantung pada genom patogen untuk menganalisis kode genetik virus, bakteri, dan organisme penyebab penyakit lainnya untuk memahami seberapa menular dan mematikan serta bagaimana penyebarannya patogen tersebut.

Data yang terkumpul akan dimasukkan ke dalam sistem pemantauan penyakit yang lebih luas, digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak penyakit, dengan tujuan menahan wabah dan mengembangkan pengobatan serta vaksin.

Baca Juga: WHO Beri Rekomendasi, Vaksinasi Covid-19 Baru Hanya Menargetkan Varian XBB 1.5 atau XBB 1.6

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. WHO hari Sabtu (20/5/2023) meluncurkan jaringan global untuk membantu mendeteksi dengan cepat ancaman penyakit menular, seperti Covid-19, dan membagikan informasi untuk mencegah penyebarannya. (Sumber: Straits TImes)

Tujuan yang Ambisius

Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyambut baik tujuan yang "ambisius" dari jaringan baru ini, dan mengatakan jaringan tersebut dapat "memainkan peran vital dalam keamanan kesehatan".

"Seperti yang jelas ditunjukkan kepada kita selama pandemi Covid-19, dunia menjadi lebih kuat ketika berdiri bersama-sama untuk melawan ancaman kesehatan bersama," katanya.

IPSN, yang diumumkan sehari sebelum pertemuan tahunan negara-negara anggota WHO di Jenewa, akan punya sekretariat di dalam Pusat Intelijen Pandemi dan Epidemi WHO.

Ini adalah inisiatif terbaru dari beberapa inisiatif yang diluncurkan sejak pandemi Covid-19, bertujuan memperkuat kemampuan dunia dalam mencegah dan merespons ancaman pandemi dengan lebih efektif.

Jaringan ini akan mengumpulkan para ahli di bidang genomik dan analisis data, yang berasal dari pemerintah, akademisi, sektor swasta, dan tempat lainnya.

"Semua punya tujuan yang sama: mendeteksi dan menanggapi ancaman penyakit sebelum mereka menjadi wabah dan pandemi, serta mengoptimalkan pemantauan rutin penyakit," kata lembaga tersebut.

Baca Juga: WHO Menyatakan Mpox atau Cacar Monyet Tidak Lagi Berstatus Darurat Kesehatan Global




Sumber : Straits Times / WHO

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.