Kompas TV internasional kompas dunia

Keras, KTT Liga Arab Hasilkan Pernyataan Bersama: Utamakan Persatuan dan Kesatuan Arab!

Kompas.tv - 21 Mei 2023, 06:20 WIB
keras-ktt-liga-arab-hasilkan-pernyataan-bersama-utamakan-persatuan-dan-kesatuan-arab
Negara-negara anggota Liga Arab berkumpul pada hari Jumat, (19/5/2023) di kota pesisir Saudi Arabia, Jeddah, mengadopsi Deklarasi Jeddah, yang menegaskan persatuan dan kesatuan Liga Arab dalam mencapai keamanan dan stabilitas di seluruh dunia Arab dan di luar. (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JEDDAH, KOMPAS.TV - Negara-negara anggota Liga Arab berkumpul pada hari Jumat (19/5/2023) di kota pesisir Saudi Arabia, Jeddah, mengadopsi Deklarasi Jeddah, yang menegaskan persatuan dan kesatuan Liga Arab dalam mencapai keamanan dan stabilitas di seluruh dunia Arab dan di luar, seperti laporan Arab News, Sabtu (20/5/2023).

Ini hanya merupakan pertemuan puncak kedua setelah pertemuan di Aljazair bulan November yang lalu, yang diadakan setelah jeda tiga tahun akibat pandemi Covid-19.

Pertemuan ini membahas sejumlah topik, termasuk ketegangan antara Israel dan Palestina, konflik di Sudan, proses perdamaian di Yaman, ketidakstabilan di Libya, dan situasi politik di Lebanon.

Hal yang signifikan, ini adalah kali pertama Suriah diundang untuk berpartisipasi dalam Pertemuan Puncak Liga Arab sejak ditangguhkan dari organisasi pada tahun 2011.

Dalam komunike akhir pertemuan puncak, ditegaskan kembali "kepentingan utama isu Palestina" bagi negara-negara Arab dan sebagai salah satu faktor utama untuk stabilitas di wilayah tersebut. Liga Arab mengutuk segala praktik dan pelanggaran yang dilakukan terhadap warga Palestina, kehidupan mereka, hak milik, dan eksistensi mereka.

Komunike Liga Arab juga menekankan pentingnya memperkuat upaya untuk mencapai penyelesaian komprehensif dan adil terhadap isu Palestina berdasarkan solusi dua negara, sesuai dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB 242 dan Inisiatif Perdamaian Arab tahun 2002, untuk memastikan pendirian negara Palestina yang merdeka berdasarkan perbatasan tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya.

Baca Juga: Liga Arab Mencuat Usai Kembali Sambut Suriah, Inilah Sejarah Liga Arab dan Kisah Eksistensinya

Negara-negara anggota Liga Arab berkumpul pada hari Jumat (19/5/2023) di kota pesisir Saudi Arabia, Jeddah, mengadopsi Deklarasi Jeddah, yang menegaskan persatuan dan kesatuan Liga Arab dalam mencapai keamanan dan stabilitas di seluruh dunia Arab dan di luar. (Sumber: Arab News)

Selain itu, komunike tersebut mengulangi posisi pertemuan puncak sebelumnya, termasuk perlunya perlindungan terhadap situs-situs Muslim di Yerusalem.

Konflik antara Israel dan Palestina meningkat sejak Perdana Menteri Benjamin Netanyahu kembali berkuasa akhir tahun lalu sebagai kepala pemerintahan koalisi yang melibatkan partai sayap kanan dan ultra-Ortodoks.

Kekerasan meletus di Tepi Barat, di mana tentara Israel kerap kali melakukan serangan, yang sering berubah menjadi bentrokan jalanan atau pertempuran senjata.

Gaza juga menjadi saksi pertempuran lintas perbatasan antara Israel dan kelompok militan selama lima hari bulan ini yang menewaskan 33 warga Palestina dan dua orang di Israel, menjadi kekerasan terburuk sejak eskalasi tiga hari bulan Agustus tahun lalu yang menewaskan 49 warga Palestina.

Sementara itu, Israel diguncang krisis politik domestik terbesar dalam beberapa dekade, di mana protes massal terjadi terus menerus, menentang rencana reformasi sistem keadilan yang dipimpin oleh Netanyahu. Dia sendiri saat ini masih berjuang melawan tuduhan korupsi di pengadilan.

Tentang konflik di Sudan, dalam komunike tersebut, disebutkan pihak yang berselisih diimbau untuk kembali ke meja perundingan dan mendesak perlindungan bagi warga sipil.

Baca Juga: Presiden Suriah Bashar al-Assad Tiba di Arab Saudi Hadiri KTT Liga Arab, Suriah Telah Kembali

Negara-negara anggota Liga Arab berkumpul pada hari Jumat (19/5/2023) di kota pesisir Saudi Arabia, Jeddah, mengadopsi Deklarasi Jeddah, yang menegaskan persatuan dan kesatuan Liga Arab dalam mencapai keamanan dan stabilitas di seluruh dunia Arab dan di luar. (Sumber: Dhaka Tribune)


Sumber : Arab News

BERITA LAINNYA



Close Ads x