Kompas TV internasional kompas dunia

Pasukan Wagner Rusia Klaim Kendalikan Seluruh Bakhmut, Ukraina Membantah

Kompas.tv - 21 Mei 2023, 00:05 WIB
pasukan-wagner-rusia-klaim-kendalikan-seluruh-bakhmut-ukraina-membantah
Bos pasukan swasta Rusia, Wagner, Yevgeny Prigozhin, hari Sabtu (20/5/2023) mengeklaim pasukannya mengambil kendali penuh atas kota Bakhmut atau Artemovsk, namun, pejabat pertahanan Ukraina membantah klaim tersebut (Sumber: Telegram)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KIEV, KOMPAS.TV - Bos pasukan swasta Rusia, Wagner, Sabtu (20/5/2023), mengeklaim pasukannya mengambil kendali penuh atas kota Bakhmut atau Artemovsk setelah pertempuran terpanjang dan paling sengit dalam perang Rusia-Ukraina.

Namun, pejabat pertahanan Ukraina membantah klaim tersebut, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Sabtu (20/5/2023).

Dalam video yang diposting di Telegram, kepala Wagner, Yevgeny Prigozhin, mengatakan kota tersebut berada di bawah kendali Rusia pada sekitar tengah hari Sabtu. Dia berbicara diapit oleh sekitar setengah lusin pejuang, dengan bangunan yang hancur di latar belakang dan ledakan terdengar di kejauhan.

"Hari ini, pukul 12 siang, Bakhmut sepenuhnya direbut," kata Prigozhin. "Kami benar-benar menguasai seluruh kota, dari rumah ke rumah."

Menurut Prigozhin, mulai tanggal 25 Mei, Wagner akan mulai menarik kembali unit-unit mereka untuk beristirahat dan konsolidasi. Anggota kelompok tersebut juga akan membentuk "pos-pos pertahanan yang diperlukan".

Kendali atas kota tersebut akan diserahkan kepada Kementerian Pertahanan, demikian Prigozhin menjelaskan, seraya mengucapkan terima kasih kepada Jenderal Sergey Surovikin dan Mikhail Mizintsev, yang "memungkinkan dilakukannya operasi yang berat ini".

"Dan terima kasih kepada Vladimir Vladimirovich Putin atas kesempatan dan kehormatan tinggi untuk mempertahankan tanah air kita," tegas Prigozhin. 

Dia juga mengungkapkan terima kasih kepada para prajurit "Wagner" dan personel militer yang terlibat dalam pertempuran dan yang akan bergabung dengan mereka di masa depan, serta semua yang telah gugur.

Baca Juga: Zelenskyy Mengamuk dan Serang Pemimpin Arab, Menuduh Mereka Tutup Mata atas Invasi Rusia ke Ukraina

Tentara Ukraina menembakkan artileri ke arah posisi pasukan Rusia di dekat Bakhmut akhir November 2022. Bos pasukan swasta Rusia, Wagner, Yevgeny Prigozhin, Sabtu (20/5/2023), mengeklaim pasukannya mengambil kendali penuh atas kota Bakhmut atau Artemovsk, namun, pejabat pertahanan Ukraina membantah klaim tersebut. (Sumber: AP Photo/LIBKOS)

Hari Sabtu (20/5/2023), seperti laporan RIA Novosti, seorang anggota "Wagner" mengatakan pasukan penyerbu Rusia mencapai jalan menuju desa Ivanovskoye yang berada di bawah kendali Kiev, yang saat ini menjadi "garis finish" dalam pertempuran untuk Bakhmut atau Artemovsk.

Rekan sejawatnya juga melaporkan pasukan Rusia dalam 24 jam terakhir membebaskan sebuah blok di pinggiran kota tersebut, memaksa musuh untuk melarikan diri dari posisi pertahanan mereka.

Artemovsk atau Bakhmut terletak di wilayah Republik Rakyat Donetsk di sebelah utara kota besar Gorlovka. Ini adalah simpul transportasi penting untuk pasukan Ukraina di Donbass, dan pertempuran sengit telah berlangsung selama berbulan-bulan.

Dalam pembebasan kota ini, "Grup Wagner" memainkan peran penting dari pihak Rusia.

Namun, setelah video tersebut muncul, Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Maliar, mengatakan pertempuran sengit masih berlanjut, "Situasinya kritis," katanya. "Saat ini, para pembela kami menguasai beberapa fasilitas industri dan infrastruktur di area ini."

Serhiy Cherevatyi, juru bicara komando timur Ukraina, mengatakan kepada Associated Press, klaim Prigozhin "tidak benar. Pasukan kami sedang bertempur di Bakhmut."



Sumber : Associated Press/RIA Novosti

BERITA LAINNYA



Close Ads x