Kompas TV internasional kompas dunia

Megawati Sindir Zelenskyy: Kowe Ki Ngopo Keliling Cari Dukungan? Hadapi secara Ksatria!

Kompas.tv - 20 Mei 2023, 22:00 WIB
megawati-sindir-zelenskyy-kowe-ki-ngopo-keliling-cari-dukungan-hadapi-secara-ksatria
Megawati Soekarnoputri memimpin Salam Pancasila ketika berpidato dalam hari jadi ke-58 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) di Jakarta, Sabtu (20/5/2023). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri, mengkritik tindakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy selama diinvasi Rusia. Ia mengkritik manuver pemimpin Ukraina itu yang mencari dukungan ke berbagai negara dan organisasi internasional.

Hal tersebut disampaikan Megawati saat menjadi pembicara dalam hari jadi ke-58 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) di Jakarta, Sabtu (20/5/2023).

Ketua Dewan Pengarah Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tersebut berpidato tentang berbagai hal dalam forum ini, mulai dari kepemimpinan hingga geopolitik.

Megawati juga sempat menyinggung perang Rusia-Ukraina yang berlangsung setahun belakangan. Putri Soekarno ini mengkritik Ukraina dan bantuan militer negara-negara Barat.

Baca Juga: Supersemar Masih Gelap, Megawati Tantang Lemhanas: Berani Enggak Membuka Sejarah Ini?

"Kalau saya bilang, (invasi Rusia ke Ukraina) itu bukan perang, tapi battle,” kata Megawati, Sabtu (20/5).

"Bayangkan, Presiden Zelenskyy itu, ya maaf, kok cari dukungan ke mana-mana. Tidak langsung. Kalau saya selalu bilang, hadapi itu yang ksatria!" lanjutnya.

Ketua Umum PDI Perjuangan tersebut juga menyorot kebijakan negara-negara Barat yang belakangan berjanji melatih pilot-pilot Ukraina menggunakan F-16.

"Ya kalau iya, kalau hanya omong melulu? Belum tentu, lho, realisasinya. Harus hati-hati, lho," kata Megawati.

"Saya cuma mikir realisasine mengko piye. Kowe (Zelenskyy) ki ngopo to yo, keliling-keliling. Kalau saya lihat persenjataannya, itu yang keluar-keluar, saya sampai mikir, kayak mainan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Megawati mengingatkan para pihak agar tidak meremehkan persenjataan Rusia. "Alutsistanya Rusia itu jangan dikecilkan lho, makanya dia (Rusia) itu mbegegeg aja,” katanya.

Megawati pun menyampaikan bahwa ia kenal secara pribadi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia mengaku kenal Putin saat mengunjungi St. Petersburg, Rusia ketika masih menjadi anggota DPR.

"Saya kenal baik dengan Pak Putin, lho. Itu yang ngajari saya suruh beli pesawat-pesawat opo kae,” kata Megawati.

Baca Juga: Saat Megawati Singgung Polisi dan Kasus Sambo di Acara Lemhanas: Anak Orang Kenapa Dibunuh?


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x