Kompas TV nasional humaniora

Indonesia Kini, 25 Tahun Peristiwa Mei 1998: Pesta Belum Usai dan Lahirnya Para "Pinokio"

Kompas.tv - 20 Mei 2023, 08:25 WIB
indonesia-kini-25-tahun-peristiwa-mei-1998-pesta-belum-usai-dan-lahirnya-para-pinokio
Drawing Munir karya Edy Kuken (Sumber: Kompas.Tv/Iman Firdaus)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tepat 21 Mei, 25 tahun silam, kata “reformasi” bergema di pelosok Indonesia dan mengubah berbagai tatanana sosial dan politik dengan cukup cepat.

Presiden Soeharto yang sudah berkuasa selama 32 tahun kala itu pun akhirnya jatuh. Kebebasan berpendapat, berserikat dan membuat partai politik muncul di mana-mana.

Pemilu berlangsung tanpa tekanan lima tahun sekali dengan para wakil rakyat dan calon pemimpin dari kalangan mana saja. Indonesia merayakan kemerdekaannya kembali.

Kini setelah 25 tahun, "Pertanyaan paling penting yang menderu-deru di segala ruang hidup kita hari ini, apa yang terjadi setelah rezim otoriter itu berhasil ditumbangkan? Apakah mantra reformasi itu masih menjadi sihir yang ampuh untuk mengubah kenyataan? Setelah 25 tahun waktu berlalu, apakah bangsa ini telah benar-benar merunut peta jalan yang dicoretkan di dinding-dinding kota selama aksi demonstrasi para mahasiswa itu?" demikian pertanyaan dalam catatan pameran drawing experimental  dengan tema " Indonesia Kini, 25 Tahun Peristiwa Mei 1998" di Bentara Budaya Jakarta, yang dibuka Jumat (19/5/2023).

Karya tiga dimensi "Pesta Belum (juga) usai" karya Yugo Widyaputra  (Sumber:Kompas.TV/Iman Firdaus)

Bentara Budaya Jakarta kemudian melakukan "panggilan" kepada para perupa di tanah air untuk mengajak berefleksi setelah 25 tahun peristiwa Mei 1998.

Tujuannya, semata ingin menjaring pikiran-pikiran kritis, aspiratif, gelisah, kecewa, suka dan duka, tentu saja juga pujian (kalau ada), yang disampaikan dengan cara-cara artistik. 

Baca Juga: KPK, Amanat Reformasi yang Kini Terus Jadi Sorotan

Dan hasilnya adalah 46 perupa hasil kurasi dari para kurator Bentara Budaya, serta 12 karya para seniman yang diundang secara khusus, mulai dari lukisan, karikatur, karya tiga dimensi bahkan hingga yang paling mutakhir dengan memanfaatkan media tik tok.

Berbagai media yang digunakan memperlihatkan semangat  para perupa merespon situasi masa kini, yang ternyata belum beranjak dari era sebelum reformasi.

Misalnya karya Yugo Widyaputra berjudul "Pesta Belum (juga) Usai", berupa karung yang sedang digerogoti banyak tikus dari berbagai sisi. Karung yang sedang digerogoti tikus itu mampu berputar 180 derajat. 

Simbol karung dan tikus mudah sekali diasosiasikan dengan korupsi. Sementara putarannya seperti menggambarkan peralihan kekuasaan, siapapun yang berkuasa para tikus tetap bercokol.

Di sisi karya tersebut, Yugo kemudian menyertakan sepenggal puisi yang diberi judul sama dengan karya tiga dimensinya, "Pesta belum usai, masih ingar bingar, semakin berputar-putar. Masih berpesta dan terus berpesta pora. Bebas mengeruk, mengerat, melahap apa saja.."

Karya "Balada Demonstran dan Pinokio" karya Yusuf Susilo Hartono (Sumber: Kompas.TV/Iman Firdaus)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x