Kompas TV nasional humaniora

Ketua Umum ISKA: Kebhinekaan adalah Kekuatan yang Membuka Pintu Toleransi Menuju Kemanusiaan

Kompas.tv - 19 Mei 2023, 15:11 WIB
ketua-umum-iska-kebhinekaan-adalah-kekuatan-yang-membuka-pintu-toleransi-menuju-kemanusiaan
Ketua Umum Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) periode 2022-2026 Dr. Luky A. Yusgiantoro, B.Sc., M.Sc., Ph.D. (Sumber: Dokumentasi ISKA)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) periode 2022-2026 Dr. Luky A. Yusgiantoro, B.Sc., M.Sc., Ph.D. menyampaikan, kebhinekaan adalah kekuatan niscaya yang akan membuka pintu toleransi dalam membangun Indonesia maju, demokratis, menghargai kemanusiaan, kesetaraaan, serta menjunjung keadilan.

“Melalui keberagaman suku, etnis, dan agama, kita ditantang merawat secara persisten Indonesia yang satu, yang menjunjung kemanusiaan dan kesetaraan dalam hidup berbangsa dan bernegara,” ujar Luky dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv di Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Hal ini disampaikan Luky bersamaan dengan pembukaan rangkaian focus group discussion (FGD) atau diskusi kelompok terpumpun sebagai rangkaian Dies Natalis ke-65 ISKA yang akan jatuh pada 22 Mei 2023. 

Puncak acara HUT ke-65 ISKA sendiri akan digelar pada Minggu, 28 Mei 2023 di Gedung Yustinus, Universitas Atma Jaya, Jakarta.

Sejumlah tokoh nasional dari berbagai latar belakang, tokoh masyarakat, pemimpin ormas berbasis religi, cendekiawan, dan akademisi dijadwalkan turut hadir pada puncak acara Dies Natalis ke-65 ISKA tersebut.

Baca Juga: KPK Maraton Periksa Pejabat Hobi Pamer Harta di Media Sosial

Kegiatan FGD bertajuk Semarak Dies Natalis ke-65 ISKA berlangsung secara hybrid di wilayah timur, tengah, dan barat Indonesia.

Kegiatan FGD berawal dari regio Jawa yang mewakili wilayah tengah Tanah Air pada Kamis (18/5/2023). Topik diskusi amat relevan dengan situasi Tanah Air terkini, yakni Pemilu, Pesta Demokrasi dalam Etika dan Kebangsaan.

“Koordinator Wilayah PP ISKA Jawa, Sentot Suciarto, PhD dan Ketua DPD ISKA DIY, Julius Hernondo, memimpin FGD Regio Jawa yang berlangsung dari dua tempat, yakni Gedung Yustinus Universitas Soegijopranoto Semarang dan Gedung Kolese De Britto, Demangan Baru, Yogyakarta,” ujar Sekretaris Jenderal ISKA Drs. Ch Arie Sulistiono, MM.

Diskusi terpumpun Semarak Dies Natalis ke-65 ISKA dilanjutkan secara hybrid dari Medan yang mewakili regio barat ISKA, pada Jumat (19/5/2023).

Kegiatan luring bertempat di Ruang Rapat Rektorat, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan dan disiarkan secara daring melalui kanal YouTube ISKA Channel.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x