Kompas TV nasional humaniora

Survei SMRC Sebut Program Kartu-Kartu Kesejahteraan Jokowi Dinilai Paling Berhasil

Kompas.tv - 19 Mei 2023, 15:30 WIB
survei-smrc-sebut-program-kartu-kartu-kesejahteraan-jokowi-dinilai-paling-berhasil
Para siswa dan siswi menunjukkan Kartu Indonesia Pintar (KIP). (Sumber: ANTARA FOTO / Yulius Satria Wijaya)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Program Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang berupa kartu-kartu kesejahteraan dianggap sebagai program pemerintah yang paling berhasil.

Hal itu merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 30 April-7 Mei 2023.

Sebanyak 61 persen responden menilai program sosial berupa kartu-kartu kesejahteraan seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Pra-Kerja sebagai program paling berhasil pemerintahan Jokowi.

Program kedua yang paling banyak dinilai berhasil adalah pembangunan infrastruktur, 19 persen.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menjelaskan hal itu dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.TV, Jumat (19/5/2023).

“Sementara hanya ada 5 persen yang menilai program sertifikasi tanah gratis paling berhasil, program Indonesia Maju 3 persen, perlindungan WNI di luar negeri 2 persen,” jelasnya.

Baca Juga: Hasil Survei SMRC: Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi Berada di Titik Tertinggi 81,7 Persen

“Program percepatan penanganan stunting 1 persen, pendidikan vokasi 1 persen, perhutanan sosial 1 persen, dan program Poros Maritim di bawah 1 persen. Ada 6 persen yang tidak menjawab,” paparnya.

Deni menambahkan, di mata publik, Pemerintahan Presiden Jokowi identik dengan program kesejahteraan rakyat dan pembangunan infrastruktur.

Sebanyak 57 persen responden pada survei yang sama juga menilai kinerja pemerintah dalam menjamin kesetaraan hak-hak warga semakin baik.

Menurut Deni, secara umum, publik menilai positif tentang kinerja pemerintah menangani berbagai masalah sosial-ekonomi.

Penilaian paling positif adalah pada kerja pemerintah dalam menjamin kesetaraan hak-hak warga negara, apa pun latar belakang suku, agama, ras, maupun daerahnya.

“Sebanyak 57 persen publik menyatakan kerja pemerintah di bidang ini semakin baik dibanding tahun lalu, yang menyatakan semakin buruk hanya 9 persen, tidak ada perubahan 28 persen, dan tidak menjawab 7 persen.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.