Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Banjir, Hujan Lebat, dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia

Kompas.tv - 19 Mei 2023, 07:20 WIB
bmkg-banjir-hujan-lebat-dan-angin-kencang-berpotensi-terjadi-di-sejumlah-wilayah-indonesia
Ilustrasi hujan lebat. (Sumber: scroll.in)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia hari ini Jumat (19/5/2023).

Dikutip dari situs BMKG, wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat atau petir antara lain Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, dan Kep. Bangka Belitung. 

Kemudian Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua Barat.

Baca Juga: Banjir Rendam Permukiman Hingga Jalan Trans Sulawesi

Beberapa daerah juga berpotensi mengalami banjir, termasuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah.

Selanjutnya Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Papua Barat.


 

Sementara wilayah yang berpotensi terkena angin kencang lebih dari 45 km per jam mencakup Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Barat.

Baca Juga: Sungai Kunyi Meluap, Ratusan Rumah di Polewali Mandar Terendam Banjir

BMKG menjelaskan, kondisi ini disebabkan oleh sirkulasi siklonik di perairan timur Filipina dan di Samudera Hindia barat Sumatera, yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Konvergensi tersebut memanjang di utara Kalimantan, dari Sulawesi Tengah hingga Laut Sulawesi, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudera Hindia barat Bengkulu dan di perairan timur Filipina.

Kondisi ini, menurut BMKG, dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Baca Juga: Kejadian Berulang, Gedung Tahfidzul Qur’an di Makassar Terbakar Lagi! Santri Evakuasi dari Bangunan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x