Kompas TV olahraga sepak bola

Makna Gesture 2 Jempol dan Tunjuk ke Atas Erick Thohir saat Kisruh Laga Final Indonesia Vs Thailand

Kompas.tv - 19 Mei 2023, 07:30 WIB
makna-gesture-2-jempol-dan-tunjuk-ke-atas-erick-thohir-saat-kisruh-laga-final-indonesia-vs-thailand
Ketua Umum PSSI Erick Thohir turun ke bench Timnas U22 memberikan peringatan kepada official, pelatih dan pemain saat terjadi keributan pada final sepak bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir ikut turun ke bench Timnas U22 saat kericuhan terjadi dalam laga final sepak bola Indonesia melawan Thailand di SEA Games 2023 Kamboja.

Di bench Timnas, gesture Erick beri dua jempol kepada yang sedang berada di lapangan. Kemudian menunjuk ke atas dan menunjuk para pemain di bangku cadangan. 

Erick menjelaskan dirinya turun dari bangku penonton ke bench Timnas saat kericuhan yang kedua. Saat itu Indonesia unggul 3-2 di perpanjangan waktu. 

Menurut Erick kericuhan diawali saat official Thailand melakukan selebrasi berlebihan hingga ke bangku Timnas Indonesia. Selebrasi dilakukan saat Thailand menyamakan skor 2-2 di 7 menit injury time babak kedua.

Baca Juga: Indonesia vs Thailand Ricuh, FAT Minta Maaf dan Berjanji Hukum Pihak yang Bersalah

Kericuhan kembali muncul di babak perpanjangan waktu, saat official Indonesia juga melakukan hal yang sama saat Timnas Garuda Muda membobol gawang Thailand dan membuat Indonesia unggul 3-2. 

"Jadi masing-masing terprovokasi walaupun Thailand duluan awalnya. Kita sudah leading 3-2 yang saya pikirkan cuman saya takut pelatih, official, pemain sudah tidak fokus makanya saya putusin turun. Saya ingetin pemain untuk kembali fokus," ujar Erick saat wawancara eksklusif di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (18/5/2023).

Erick mengaku isyarat dua jempol yang diberikan kepada pemain di lapangan saat turun ke bangku cadangan Timnas untuk memberikan motivasi agar permainan dipertahankan hingga akhir babak tambahan.

Ia juga meminta agar pemain tidak melakukan perbuatan yang justru merugikan Indonesia. Erick juga menunjuk ke atas untuk mengingatkan official dan pemain tidak terpancing emosi dan tetap fokus.

Baca Juga: AFC Bakal Selidiki Keributan Indonesia Vs Thailand di Final SEA Games 2023, Medali Tak Akan Dicabut

"Saya kasih jempol sudah bagus, fokus. Saya ingatkan kalau kita percaya rezeki tidak kemana ada Allah, makanya saya tunjuk ke atas dan terus saya bilang sabar fokus jangan terprovokasi. Kita buktikan ayo kita fight," sambung Erick.

Melihat Presiden AFF



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x