Kompas TV TALKSHOW kode

Stres Mau UN Berujung Masuk RSJ, Kok Bisa? | Podcat KODE

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 16:15 WIB
Penulis : Prayogi Haro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Yovania, penyintas Bipolar Disorder sejak ia masih menginjak bangku sekolah SD (Sekolah Dasar). Ia dikenal sebagai anak yang pintar dan selalu masuk ranking 3 besar di kelasnya. Bermula ketika menjelang UN (Ujian Nasional) gejala penyakitnya mulai dirasakan oleh Yovania, seperti mual, demam, pusing, lemas, sembelit dan tak bisa tidur.

Rasa khawatir membuat Yovania akhirnya dibawa ke RS (Rumah Sakit) untuk diperiksa kesehatannya, namun hasil lab menyatakan bahwa tak ada sama sekali masalah penyakit yang diderita pada Yovania. Dari hasil tersebut dokter menyimpulkan bahwa kemungkinan besar Yovania mengalami stres karena UN.

Yovania juga merasakan bahwa dirinya sangat tertekan ketika menjelang UN, lantaran ia memiliki nilai-nilai yang bagus di raportnya dan menganggap dirinya harus mendapatkan nilai yang terbaik saat UN, karena hal itu ia takut tidak bisa mendapatkan apa yang diharapkan.

Menariknya tak ada sama sekali tekanan dari luar atau dari keluarga yang membuat Yovania tertekan batinnya, lantaran ekspektasi yang tinggi terhadap dirinya terlahir dari pribadinya sendiri membuat Yovania semakin stres dan cemas.

Hai! Saksikan selengkapnya dalam Podcast KODE Eps. “ORANG TUA CERAI SAMPAI DIBULLY MASUK RSJ” Di kanal Youtube KompasTV.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.