Kompas TV TALKSHOW dua arah

Politisi PDIP Yakin Program Jokowi Tak Dilanjut Jika Anies Jadi Presiden | DUA ARAH

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 07:00 WIB
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan enam ketua umum partai politik (parpol) koalisi pemerintah, minus Nasdem, di Istana Merdeka pada Selasa (2/5/2023) lalu, akhirnya membuat sejumlah pihak bersuara.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh meminta agar Jokowi berhenti bersikap seolah mendukung calon presiden (capres) tertentu di dalam kontestasi pemilihan presiden mendatang. Alasannya, sikap itu membuat kontestasi Pilpres 2024 terkesan berat sebelah.

Baca Juga: Adian Napitupulu: Tak Perlu Bahas Perasaan Surya Paloh yang Kritik Jokowi | DUA ARAH

Hal yang sama disampaikan oleh Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di kediamannya di daerah Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (6/5/2023).

JK mengingatkan agar Jokowi tidak terlalu banyak ikut campur dalam kontestasi perebutan kursi RI-1. Menurut dia, Jokowi harus meniru sikap pendahulunya, yakni Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono menjelang masa akhir jabatannya.

“(Megawati dan SBY) itu (ketika jabatan) akan berakhir maka tidak terlalu jauh melibatkan diri dalam, suka atau tidak suka, dalam perpolitikan. Supaya lebih demokratislah,” sebut Kalla.

Baca Juga: Demokrat Nilai Ganjar Jadi Rasa "Jokowi Periode 3" Ini Jawaban Menohok PDIP

Sementara itu, bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menyatakan, negara semestinya tidak perlu mengarahkan masyarakat dalam menentukan pilihannya.

Sebab, menurut dia, masyarakat telah memiliki kedewasaan dalam memilih figur capres yang dianggap memiliki kinerja dan latar belakang yang baik. Sehingga, negara tak perlu memberikan intervensi di dalam kontestasi politik mendatang.

“Kalau negara sampai intervensi, namanya negara sedang melecehkan rakyat Indonesia. Mereka sudah matang, mampu untuk menentukan kepada siapa, tidak perlu ada intervensi-intervensi," tegasnya di bilangan Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023).

 

 

#jokowi #anies #pilpres2024 #capres #duaarah #jk #suryapaloh #jusufkalla #megawati #golkar #pdip #nasdem



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x