Kompas TV internasional kompas dunia

5 Terdakwa Pembobolan Spektakuler Berlian Senilai Rp1,6 Triliun di Museum Dresden Dihukum Penjara

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 02:05 WIB
5-terdakwa-pembobolan-spektakuler-berlian-senilai-rp1-6-triliun-di-museum-dresden-dihukum-penjara
5 terdakwa pembobolan spektakuler berlian di Museum Dresden Jerman diganjar hukuman, namun tertinggi hanya 6 tahun penjara. Pengadilan Jerman pada Selasa (16/5/2034) menghukum lima pria karena melakukan pencurian di museum Green Vault di Dresden yang berhasil menggondol 21 perhiasan berlian berharga, yang berisi lebih dari 4.300 berlian senilai Rp1,6 triliun. (Sumber: Sachsen Polizei)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BERLIN, KOMPAS.TV - Sebanyak 5 terdakwa pembobolan spektakuler berlian di Museum Dresden Jerman diganjar hukuman, namun tertinggi hanya 6 tahun penjara.

Pengadilan Jerman pada Selasa (16/5/2034) menghukum lima pria karena melakukan pencurian di Museum Green Vault di Dresden yang berhasil menggondol 21 perhiasan berlian berharga, yang berisi lebih dari 4.300 berlian senilai Rp1,6 triliun.

Kejahatan ini dianggap sebagai salah satu aksi pencurian perhiasan paling mencengangkan dalam sejarah Jerman yang terkini. Perhiasan yang dicuri ini memiliki nilai pertanggungan asuransi sebesar 113,8 juta euro (sekitar Rp1,6 triliun), seperti laporan Associated Press.

Kelima pria, yang berusia antara 24 hingga 29 tahun, divonis penjara mulai dari 4 tahun 4 bulan hingga 6 tahun 3 bulan, sementara satu terdakwa lainnya dibebaskan dari tuntutan, seperti laporan kantor berita Jerman dpa.

Pengadilan negara Dresden memutuskan bahwa kelima terdakwa bertanggung jawab atas pencurian perhiasan bersejarah abad ke-18 dari Museum Green Vault di Dresden pada 25 November 2019. Saat itu, perhiasan yang dicuri termasuk sebuah bros berlian besar dan sebuah epaulet atau ornamen tanda pangkat atau hiasan bahu dari berlian.

Kelima pria tersebut juga dianggap terbukti melakukan tindakan pembakaran sebelum melancarkan serangan untuk mematikan lampu jalan di luar museum, serta membakar sebuah mobil di garasi terdekat sebelum kabur ke Berlin. Mereka berhasil ditangkap beberapa bulan kemudian dalam serangkaian penggerebekan besar-besaran di ibu kota Jerman.

Pengadilan menyatakan mereka bersalah atas pembakaran dengan kejahatan sangat berbahaya, pencurian dengan senjata, kerusakan properti, dan pembakaran dengan sengaja.

Para hakim yang memimpin sidang ini mencatat bahwa beberapa dari para pelaku telah bertindak dengan "energi kriminal yang luar biasa," seperti yang dilaporkan oleh dpa. Mereka bermaksud "untuk menjadi kaya," kata para hakim.

Lebih dari 100 saksi dan 11 ahli memberikan kesaksian selama proses persidangan utama, seperti yang dilaporkan oleh kantor berita tersebut.

Baca Juga: Penampakan Berlian Fortune Pink 18,18 karat yang Laku Dijual Lebih dari Rp388 Miliar lewat Lelang

5 terdakwa pembobolan spektakuler berlian di Museum Dresden Jerman diganjar hukuman, namun tertinggi hanya 6 tahun penjara. Pengadilan Jerman pada Selasa (16/5/2034) menghukum lima pria karena melakukan pencurian di museum Green Vault di Dresden yang berhasil menggondol 21 perhiasan berlian berharga, yang berisi lebih dari 4.300 berlian senilai 1,6 triliun rupiah. (Sumber: David Brandt/Staatliche Kunstsammlungen Dresden)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x