Kompas TV internasional kompas dunia

Negara Muslim Makin Cepat Mengisi Pasar Rusia yang Ditinggal Barat, Gunakan Usaha Berbasis Syariah

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 04:30 WIB
negara-muslim-makin-cepat-mengisi-pasar-rusia-yang-ditinggal-barat-gunakan-usaha-berbasis-syariah
Pengusaha dari negara-negara Muslim dilaporkan gerak cepat mengisi ceruk pasar yang ditinggal perusahaan AS dan Barat, kata Duta Besar Rusia untuk Organisasi Kerjasama Islam OKI, Ramazan Abdulatipov dalam wawancara yang dilaporkan RIA Novosti, Selasa (16/5/2023). (Sumber: RIA Novosti)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Pengusaha dari negara-negara muslim dilaporkan gerak cepat mengisi ceruk pasar yang ditinggal perusahaan AS dan Barat, kata Duta Besar Rusia untuk Organisasi Kerjasama Islam OKI, Ramazan Abdulatipov dalam wawancara yang dilaporkan RIA Novosti, Selasa (16/5/2023).

"Sebagai hasil dari situasi yang terjadi, pasar Rusia menjadi sangat menarik bagi mitra kami (pengusaha negara-negara muslim). Perusahaan Barat mengosongkan banyak sektor pasar Rusia, yang dimanfaatkan oleh produsen dalam negeri dan banyak perwakilan bisnis dari negara-negara muslim," kata Abdulatipov.

Dia mencatat kerja sama antara Moskow dan negara-negara muslim dalam proyek logistik di Eurasia semakin kuat.

"Minat dari berbagai wilayah, perusahaan, dan negara dari Teheran, Abu Dhabi, Riyadh, Ankara, dan New Delhi semakin meningkat. Ini ditunjukkan oleh kerja sama kita dengan negara-negara ini dalam kerangka KTT "Utara-Selatan", yang merupakan jalur logistik kompetitif di Eurasia Raya", kata diplomat itu.

Abdulatipov menambahkan, Tatarstan, Dagestan, Chechnya, dan Bashkortostan memperkuat hubungan dengan negara-negara muslim dalam eksperimen penerapan perbankan Islam.

"Perbankan Islam di Rusia baru saja memulai tahap perkembangan. Secara faktual, saat ini, itu masih dalam tahap eksperimen. Dalam kerangka OKI, Bank Pembangunan Islam beroperasi, yang merupakan organisasi yang menentukan di bidang keuangan Islam. Saat ini, kami sedang aktif bekerja untuk memperkuat hubungan antara wilayah kami dan Bank Pembangunan Islam," kata diplomat itu.

Abdulatipov menekankan, jika eksperimen itu terbukti berhasil, pengalaman perbankan Islam dapat diterapkan di wilayah-wilayah Rusia lainnya.

Rusia bulan Februari lalu, Rabu (1/2/2023), memulai proyek uji coba eksperimental untuk menerapkan praktik keuangan Islam di beberapa wilayah dengan populasi yang didominasi oleh umat muslim.

Baca Juga: Jokowi Pertimbangkan Beli Minyak Rusia, Dibayangi Potensi Sanksi AS

Bank Sentral Rusia di Moskow. Pengusaha dari negara-negara Muslim dilaporkan gerak cepat mengisi ceruk pasar yang ditinggal perusahaan AS dan Barat, kata Duta Besar Rusia untuk Organisasi Kerjasama Islam OKI, Ramazan Abdulatipov dalam wawancara yang dilaporkan RIA Novosti, Selasa (16/5/2023). (Sumber: Antara)

Eksperimen ini akan dilakukan di Dagestan, Chechnya, Bashkiria, dan Tatarstan dan berlangsung dua tahun. Setelah itu, pihak berwenang akan memutuskan tentang kesesuaian model Islam untuk Rusia.

Aleksandr Kazakov, ahli senior di Asosiasi Ahli Keuangan Islam Rusia, mengatakan kepada Anadolu, sudah "waktunya melupakan" pasar keuangan Barat dan fokus pada kerja sama dengan negara-negara Arab dan Asia.

"Pada tingkat korporasi, sudah jelas semua pusat keuangan Barat ditutup untuk modal Rusia, kita tidak punya pilihan selain mengembangkan alternatif yang terjangkau. Sudah waktunya untuk melupakan keberadaan London dan berkonsentrasi pada Beijing, New Delhi, Singapura, Kuala Lumpur, dan negara-negara Teluk," kata ahli tersebut.

Kazakov mengatakan Duma Negara, parlemen Rusia, bulan Februari 2023 sudah melewati pembahasan pertama RUU tentang pembiayaan mitra, di mana istilah "pembiayaan mitra" mengacu pada produk keuangan berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

"Sekali diadopsi, keberadaan instrumen keuangan alternatif akan diakui pada tingkat legislatif di Rusia. Ini adalah langkah politik yang penting baik dalam negeri maupun terkait dengan mitra asing kita yang sebenarnya," katanya.



Sumber : RIA Novosti / Anadolu Agency

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.