Kompas TV nasional peristiwa

Tilang Manual Diberlakukan Lagi, Ini 12 Jenis Pelanggaran Lalu Lintas yang Disasar

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 08:25 WIB
tilang-manual-diberlakukan-lagi-ini-12-jenis-pelanggaran-lalu-lintas-yang-disasar
Ilustrasi. Polisi melakukan penindakan sanksi tilang kepada pengendara mobil yang melanggar peraturan lalu lintas (Sumber: ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan pihaknya akan kembali memberlakukan tilang manual sebagai upaya pencegahan pelanggaran lalu lintas.

Sandi menyebut saat ini ada peningkatan pelanggaran lalu lintas terutama di sejumlah titik yang tak terpasang kamera ETLE (electronic traffic law enforcement).

Oleh karena itu, lanjut Sandi, tilang manual rencananya akan berfokus pada area yang tidak terjangkau kamera ETLE.

"Berdasarkan hasil evaluasi di beberapa daerah sejak tilang manual tidak diberlakukan, lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh kamera ETLE terjadi peningkatan pelanggaran terutama pada pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas," ujar Sandi, Selasa (16/5/2023), dikutip dari Wartakota.

Sandi memastikan tilang manual hanya menyasar pengendara yang melanggar lalu lintas secara langsung, bukan dengan menggelar razia.

"Tilang manual dilakukan pada pengguna jalan yang tertangkap tangan oleh petugas saat melakukan pelanggaran lalu lintas," tuturnya. 

Baca Juga: Arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Polisi Kini Berlakukan Lagi Tilang Manual di Wilayah Ini

Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Jhony mengatakan, kurangnya akses E-TLE di DKI Jakarta, membuat pengendara tak taat lalu lintas, sehingga dapat membahayakan para pengguna jalan.

Menurutnya, semenjak diberlakukan E-TLE, data pengendara yang melanggar lalu lintas cenderung meningkat.

"Kalau data pelanggaran meningkat, data pelanggaran sejak e-TLE, tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman, melanggar rambu," ujar Jhony.

Sementara itu, Jhony juga mengungkapkan, bahwa setelah diberlakukan kembali penilangan secara manual, angka pelanggaran lalu lintas mulai menurun.

"Ada (penurunan). Fokus melakukan penilangan elektronik, yang kebut kebutan tidak memakai helm, melawan arus kita berlakukan tilang manual," kata dia.


 



Sumber : Wartakota

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.